Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
KPKNL Palopo adakan Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi
Dendi Yudha Satria
Jum'at, 26 April 2019   |   192 kali

Palopo – Jumat, 26 April 2019 bertempat di Gedung Kantor Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palopo, dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), KPKNL Palopo dan KPP Pratama Palopo bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan, kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi kondisi darurat.

 

Acara sosialisasi dilakukan di aula lantai 3 gedung KPP Pratama Palopo dengan dihadiri seluruh pegawai dan pejabat di lingkungan KPKNL Palopo dan KPP Pratama Palopo dengan narasumber dari BPBD Palopo. Pihak BPBD menerangkan mulai dari hal-hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi hingga cara penanganan korban gempa bumi dengan menggunakan tandu yang benar untuk evakuasi korban gempa bumi.

 

Sesudah kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan simulasi evakuasi korban gempa bumi di kantor masing-masing dengan dipandu petugas dari BPBD Palopo. Simulasi dimulai dengan adanya bunyi sirine yang menandakan telah terjadi gempa bumi semua pegawai mencari tempat yang aman dan ketika sudah agak tenang semua pegawai diminta keluar kantor menuju titik kumpul yang aman. Ternyata, terdapat satu korban masih terjebak di bawah meja kerjanya, kemudian tim evakuasi berusaha untuk menolong korban yang masih terjebak. Dengan sigap dan hati-hati tim evakuasi berhasil mengeluarkan korban dari tempat terjebaknya dan langsung membawa korban keluar kantor guna penanganan lebih lanjut.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu kesiapsiagaan pegawai saat terjadi gempa dan tidak terdapat korban bencana. (Foto/Teks: Dendi Yudha Satria/Bayu Aji Mitayani)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini