Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
KPKNL Palopo Selenggarakan Bimtek Revaluasi BMN Tahun 2018
Muhammad Noor Akhmad
Jum'at, 26 Januari 2018   |   197 kali

Palopo - Mengawali tahun 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palopo mengadakan bimbingan teknis (bimtek) penilaian kembali (revaluasi) Barang Milik Negara tahun anggaran 2018 pada 23-24 Januari 2018 di ruang rapat KPKNL Palopo, Jalan Andi Kambo No.55 Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan.


Bimtek ini dihadiri oleh masing-masing perwakilan satuan kerja Kementerian/Lembaga (K/L) yang menjadi target revaluasi BMN Tahun 2018 yang berada di wilayah kerja KPKNL Palopo.

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Palopo Mahyuddin mengatakan Sistem Aplikasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu kegiatan pengelolaan BMN mulai dari perencanaan, penggunaan, pemeliharaan, penatausahaan, pemanfaatan, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, pengawasan dan pengendalian BMN termasuk kegiatan penilaian kembali BMN yang akan dilakukan pada tahun 2018 ini.


Pria yang hoby bermain bola ini menambahkan revaluasi BMN berupa aset tetap tanah, gedung dan bangunan serta jalan, irigasi dan jaringan. “Terdapat penambahan menu pada aplikasi SIMAN yaitu fitur penilaian kembali BMN,” ujarnya. Fitur tersebut, lanjutnya, merupakan fitur dari aplikasi SIMAN yang berfungsi untuk mendukung pelaksanaan revaluasi BMN tahun 2018 mulai dari persiapan data awal, pencetakan kertas kerja inventarisasi, download form pendataan, update data hasil inventarisasi, pencetakan laporan, dan tindak lanjut (rekonsiliasi penilaian kembali). Fitur penilaian kembali dapat diakses oleh seluruh level pengguna dan pengelola barang.


Staf Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Palopo Syamsul Ratu Loly juga menambahkan bahwa tujuan aplikasi penilaian kembali BMN diantaranya, membantu proses pelaksanaan penilaian kembali mulai dari persiapan data awal, pelaksanaan, pelaporan, dan tindaklanjut sehingga penilaian kembali BMN menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien, digitalisasi seluruh dokumen penilaian kembali BMN, dan terbentuknya database nasional hasil penilaian kembali BMN serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penilaian kembali BMN seluruh unit secara online dan realtime.


Di akhir acara, Mahyuddin menyampaikan semoga dengan adanya bimbingan teknis ini satker dapat lebih memahami/mengetahui tata cara penginputan fitur penilaian kembali BMN yang ada di Aplikasi SIMAN dan kepada satker yang menjadi target revaluasi BMN tahun ini agar segera menyiapkan data-data yang diperlukan dan dapat bekerjasama serta bersinergi dengan Tim Penilai dari KPKNL Palopo agar revaluasi BMN dapat berjalan dengan lancar. (Teks/Fotografer : Seksi HI).

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini