Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penandatanganan Perjanjian Pinjam Pakai Barang Milik Negara Eks Idle
Debby Orjina Elysandi
Jum'at, 23 Desember 2022   |   205 kali


Ogan Ilir, 22/12/2022 – Kepala KPKNL Palembang menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Pinjam Pakai Barang Milik Negara Eks Idle antara Kementerian Keuangan dengan Pemerintah Desa Pulau Semambu.

Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kepala Desa Pulau Semambu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Ilir, Kepala Badan Perwakilan Desa (BPD) Pulau Semambu, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Hawai Desa Pulau Semambu, dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Mardhanus selaku Kepala KPKNL Palembang menyampaikan pinjam pakai ini diharapkan dapat dioptimalkan oleh Pemerintah Desa Pulau Semambu untuk meningkatkan kesejahteraan petani di wilayah Desa Pulau Semambu dengan menjadikan lahan ini sebagai lahan pertanian yang produktif dan berkesinambugan.

Sesuai permintaan dari Pemerintah Desa Pulau Semambu berdasarkan surat Nomor 207/KD-PS/2022 tanggal 15 Juni 2022, Direktur Jenderal Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan telah menetapkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 166/KM.6/2022 tanggal 12 Oktober 2022 tentang Pelaksanaan Pinjam Pakai BMN Eks Barang Milik Negara Idle kepada Pemerintah Desa Pulau Semambu.

Persetujuan tersebut menetapkan pinjam pakai berupa 1 (satu) bidang tanah dengan luas 86.475 m2 (8,6 Ha) yang berupa lahan perkebunan dan rawa yang terletak di Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Pinjam pakai ini disetujui untuk jangka waktu selama 3 (tiga) tahun dan tidak menutup kemungkinan ke depannya dapat diperpanjang.

“Kolaborasi dan sinergi degan Pemerintah Kab. Ogan Ilir serta Pendampingan dari Dinas Pertanian/Perkebunan Kab. Ogan Ilir atau atau bantuan dari Universitas Sriwijaya sangat diharapkan agar pinjam pakai ini digunakan tidak hanya sebatas lahan untuk pertanian dan perkebunan biasa.” ucap Mardhanus.

Acara ditutup dengan penanaman bibit jagung oleh Kepala KPKNL Palembang pada lahan yang diperuntukkan untuk pinjam pakai oleh Pemerintah Desa Pulau Semambu. (Humas KPKNL Palembang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini