Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Kilas Peristiwa
Tingkatkan Pengetahuan Proses Penilaian Melalui Knowledge Sharing
Nurrochman Sabdotomo
Selasa, 11 Desember 2018   |   158 kali

Palangka Raya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya mengadakan knowledge sharing pada hari Senin, 10 Desember 2018 di Aula KPKNL Palangka Raya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas Indikator Kinerja Utama dari Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Palangka Raya yang bermaksud untuk memberikan infromasi dan/atau pengetahuan terkait proses pelaksanaan penilaian. Selain itu, acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pegawai KPKNL Palangka Raya. Acara yang diikuti seluruh pegawai KPKNL ini berlangsung lancar dan sangat menarik. Hal ini dikarenakan banyaknya komunikasi dari pemateri dan penerima materi.

Kegiatan knowledge sharing pada kali ini terdiri dari 2 pokok materi yaitu pembahasan tentang The Sales Comparison Approach dan tentang Comparative Analysis. Knowledge sharing tersebut dibuka oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Helvita Dorojatun.

Pemaparan materi yang pertama yaitu tentang The Sales Comparison Approach. Materi ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Helvita Dorojatun. Materi merupakan  salah satu pendekatan penilaian yang paling banyak digunakan oleh seorang penilai. Penilaian dengan pendekatan ini dilakukan dengan cara melakukan analisis pasar terhadap properti pembanding kemudian dibandingkan dengan properti subjek. Pembandingan antara keduanya dilakukan terhadap perbedaan elemen-elemen pembanding yang dimiliki properti pembanding dengan properti subjek. Selanjutnya dilakukan penyesuaian atas elemen tersebut untuk diperoleh sebuah nilai atas objek penilaian.

Pemaparan materi yang kedua yaitu tentang Comparative Analysis yang disampaikan oleh Pelaksana Seksi Pelayanan Penilaian, Rohman Juani. Rohman menjelaskan bahwa analisis komparatif ini digunakan oleh seorang penilai untuk mengidentifikasi proses dalam pendekatan perbandingan penjualan dimana teknik kualitatif dan kuantitatif digunakan pada data penjualan yang sebanding untuk memperoleh indikasi nilai. Materi yang kedua ini sangat berkaitan dengan materi yang pertama yang disampaikan oleh Pak Helvit.

Pada kegiatan knowledge sharing ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan penerima materi. Sesi tanya jawab ini sangat komunikatif karena ada beberapa pertanyaan yang menarik yang berpengaruh terhadap proses pelaksanaan penilaian. Selanjutnya sebagai penutup kegiatan knowledge sharing ini, pemateri mengadakan kuis yang bertujuan untuk mengetahui seberapa ilmu yang diperoleh dari kegiatan knowledge sharing ini. (Teks/Foto HI Pky)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini