Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Palangkaraya
BERITA UTAMA
Senin 30 Mei 2022 Kepala KPKNL Palangkaraya, R.B. Sigit Budi Prabowo bersama Kepala Seksi Hukum dan Informasi Ahyuni melakukan koordinasi bersama RRI Palangka Raya dalam rangka pelaksanaan KOIN 2022
Profil KPKNL Palangkaraya

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya merupakan Kantor Vertikal di bawah Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah. Terletak di jantung pulau Borneo dengan luas wilayah 157.983 km² yang membawahi 1 Kota  dan 8 Kabupaten yaitu: Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Murung Raya.

 

Kabupaten Murung Raya merupakan wilayah kerja terjauh yg harus ditempuh kurang lebih selama 10 jam perjalanan darat melalui berbagai jenis kondisi jalan, beraspal, perkerasan/agregat, hingga jalan tanah.

KPKNL Palangka Raya memiliki 427 satker/stakeholders yang terdiri dari 16 KP, 294 KD, 54 DK, 56 TP, serta 7 UB.

Motto pelayanan KPKNL Palangka Raya saat ini adalah “SIMPATI”, yang merupakan singkatan dari Senyum, Ikhlas, Maksimal, Pasti, Amanah, Tuntas, dan InisiatifVisi KPKNL Palangka Raya adalah Menjadi Pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan: Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan, serta untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. sedangkan Misi KPKNL Palangka Raya yaitu :

1. Mengoptimalkan pengelolaan kekayaan negara.

2. Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum.

3. Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan kekayaan negara.

4. Menghasilkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.

5. Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

KPKNL Palangka Raya mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. Dalam melaksanakan tugas tersebut, KPKNL Palangka Raya menyelenggarakan fungsi :

a. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;

b. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

c. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

d. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;

e. pelaksanaan pelayanan penilaian;

f. pelaksanaan pelayanan lelang;

g. penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

h. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

i. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

j. pelaksanaan administrasi KPKNL.


 

Saat ini KPKNL Palangka Raya dipimpin oleh Kepala KPKNL Kepala Kantor R. B. Sigit Budi Prabowo, dibantu Kepala Subbagian Umum sekaligus Plt Kepala Seksi Kepatuhan Internal Hartini, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Heru Tjatur Prasetyo, Kepala Seksi Hukum dan Informasi Ahyuni, dan Plt Kepala Seksi Piutang Negara Kimi. Jabatan Fungsional KPKNL Palangka Raya terdiri dari 3 Pejabat Fungsional Pelelang, 3 Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah, dan 1 Pejabat Fungsional Pranata Keuangan.

Dalam melaksanakan tugas KPKNL Palangka Raya mengacu kepada PMK Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJKN dan KMK No.598/KM.1/2013 tentang Uraian Jabatan Struktural Instansi Vertikal di Lingkungan DJKN. Pola kerja yang dibangun saat ini adalah sebagai suatu “Team Work” yang terpadu tanpa melupakan pekerjaan sesuai dengan posisi yang ditentukan.

Pelayanan yang diterapkan adalah “Pelayanan Prima” dengan mengoptimalkan ruang layanan terpadu yang ada. Didukung dengan sarana dan prasarana serta front office yang siap melayani.

Gedung KPKNL Palangka Raya berdiri di atas tanah Sertifikat Hak Pakai No. 76 luas 4.368 m2, lokasi berada di Jalan protokol, Jl. G. Obos KM 1 No. 19 Palangka Raya. KPKNL Palangka Raya telah menempati gedung milik sendiri yang dibangun tahun 2007, dengan luas bangunan 1.175 m2, terdiri dari 2 (dua) lantai. Lantai I digunakan untuk Area Pelayanan Terpadu (APT), Ruang Konsultasi, Ruang Tamu, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Seksi Pelayanan Lelang, Seksi Piutang Negara, dan Aula. Lantai II digunakan untuk ruang Kepala Kantor, Subbagian Umum, Seksi Pelayanan Penilaian, Seksi Kepatuhan Internal, Seksi Hukum dan Informasi, dan Ruang Rapat.

Guna menunjang kinerja, KPKNL Palangka Raya dilengkapi dengan sarana pendukung berupa gedung, aula, mushola, area parkir, dan lapangan voli.

Untuk menjaga keakraban dan kebersamaan di luar tusi KPKNL Palangka Raya mengadakan acara rutin berupa: senam irama tiap hari Jumat minggu kedua dan keempat, olahraga pilihan berupa: futsal, voli, bulu tangkis, dan tenis meja, arisan, dan koperasi dalam bentuk kegiatan menjual jajan snack dan minuman ringan.

Marilah menjaga aset negara melalui segala usaha terbaik kita dengan tulus hati sehingga: Manakau atei oloh. Mangat oloh manyinta dengae benye-benyem tuntang halus. (Mencuri hati orang, agar orang menyintainya diam-diam dan halus).



Wilayah Kerja
Kota Palangka Raya
Kabupaten Pulang Pisau
Kabupaten Kapuas
Kabupaten Katingan
Kabupaten Gunung Mas
Kabupaten Barito Selatan
Kabupaten Barito Timur
Kabupaten Barito Utara
Kabupaten Murung Raya
Prestasi KPKNL Palangkaraya
Juara II Kantor Pelayanan Percontohan Kementerian Keuangan tahun 2013
Penghargaan sebagai Unit Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2019
Peringkat I Lomba Penilaian Penatausahaan Arsip DJKN tahun 2019
Peta Lokasi KPKNL Palangkaraya
Alamat Kantor
Jl. G. Obos Km. 1 No. 19 Palangka Raya - 73111
(0536) 3220047, 3220048
(0536) 3220045
kpknlpalangkaraya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini