Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Kilas Peristiwa
Sosialisasi Penilaian Barang Milik Daerah dan Pengurusan Piutang Daerah Kepada SKPD Pemkot Palangka Raya
Nurrochman Sabdotomo
Senin, 12 November 2018   |   118 kali

Palangka Raya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya mengadakan Sosialisasi Peningkatan dan Pengembangan Pengelolaan Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya dengan tema “Proses Penilaian Barang Milik Daerah dan Proses Penghapusan Piutang Daerah”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 9 November 2018 yang bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei II, Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya.

Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan laporan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang disampaikan oleh Plt. Kepala BPKAD, Ibu Absyiah. Dalam laporannya, Ibu Absyiah menyampaikan masih banyak permasalahan yang terjadi di lapangan dalam rangka pengelolaan keuangan serta aset daerah. Ibu Absyiah berharap dengan dilaksanakannya acara ini dapat memberi dampak positif bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mengelola aset dan piutang daerah khususnya. Selanjutnya, acara dibuka langsung oleh Asisten II selaku perwakilan dari Walikota Palangka Raya, Bapak Iwansyah. Beliau menyampaikan terima kasih kepada KPKNL Palangka Raya telah bersedia untuk berbagi ilmu kepada Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal pengelolaan aset dan piutang daerah tersebut. Selain itu, Beliau berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga memberi dampak yang baik pula bagi Pemerintah Kota Palangka Raya khususnya.

Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh SKPD Pemerintah Kota Palangka Raya ini berjalan lancar dan sukses. Kegiatan ini juga didukung serta mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Palangka Raya karena kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan berbagi ilmu juga pengalaman dalam hal pengelolaan aset dan piutang daerah. Acara sosialisasi yang dimoderatori oleh Pak Nanang dari BPKAD Pemerintah Kota Palangka Raya ini mendapat respon positif dari seluruh SKPD Pemerintah Kota Palangka Raya. Sosialisasi ini dilakukan dengan narasumber utama dari KPKNL Palangka yaitu Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Helvita Dorojatun dan Plt. Kepala Seksi Piutang Negara, Rusli. Pada kegiatan ini terbagi atas dua materi yaitu terkait proses penilaian barang milik daerah dan proses penghapusan piutang daerah.

Penyampaian materi yang pertama dilakukan oleh Plt. Kepala Seksi Piutang Negara, Rusli dengan tema Proses Penghapusan Piutang Daerah. Pada sesi materi pertama ini, Bapak Rusli menyampaikan materi didahului dengan penyampaian pengetahuan tentang KPKNL sebagai pihak yang mengurus piutang daerah macet yang berasal dari penyerahan Satuan Kerja di wilayah kerjanya. Selanjutnya, Bapak Rusli menyampaikan materi terkait proses dan tata cara penghapusan piutang daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Penghapusan Piutang Negara/Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 14 Tahun 2005 tentang Penghapusan Piutang Negara/Daerah.

Penyampaian materi yang kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian oleh Helvita Dorojatun dengan tema Proses Penilaian Barang Milik Daerah. Pada penyampaian materi ini, Bapak Helvit sapaan akrabnya menjelaskan tentang proses penilaian mulai dari permohonan oleh satuan kerja hingga proses menilai suatu barang.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari seluruh peserta sosialisasi dengan kedua narasumber tersebut. Selain itu juga ada penyampaian simpulan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh moderator, Bapak Nanang. Bapak Nanang juga berharap ilmu yang telah disampaikan ini dapat di aplikasikan oleh seluruh SKPD Pemerintah KOta Palangka Raya sehingga dapat mewujudkan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang optimal. (Teks/Foto HI Pky)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini