Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Kilas Peristiwa
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang Tahun Ini dalam Suasana Duka
Nurrochman Sabdotomo
Rabu, 31 Oktober 2018   |   122 kali

Palangka Raya – Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah yang terdiri dari berbagai kantor yaitu Kanwil Perbendaharaan Kalimantan Tengah, Kantor Pelayananan Kekaayan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palangka Raya, Kantor Pelayananan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palangka Raya dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Pulang Pisau pada hari selasa (30/10) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan 72 Tahun Hari Oeang. Upacara dilaksanakan di Halaman KPP Pratama Palangka Raya jam 07.00 WIB dan dihadiri oleh seluruh pegawai Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Perayaan 72 Tahun Hari Oeang.

Kegiatan Perayaan 72 Tahun Hari Oeang kali ini mengusung tema “Kemenenterian Keuangan Berbakti Pada Negeri”. Dengan diangkatnya tema ini menjadi tolok ukur kinerja Kementerian Keuangan dalam rangka berbakti pada negeri ini. Selain itu juga dimaksudkan sebagai evaluasi, dorongan serta motivasi bagi pegawai Kementerian Keuangan untuk selalu berbakti pada negeri ini demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Tujuan Kementerian Keuangan dalam rangka berbakti dan selalu melakukan perbaikan secara terus-menerus ini didasarkan atas amanat Pasal 23 UUD 1945.

Kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat yang dipimpin oleh Ibu Ratih Hapsari Kusumawardani, Kepala Kanwil DJPB Kalimantan Tengah. Upacara ini berbeda dengan upacara-upacara sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada upacara kali ini berbalut kesedihan dan duka yang mendalam yang dirasakan oleh seluruh pegawai Kementerian Keuangan karena pada perayaan Hari Oeang tahun ini, beberapa pegawai Kementerian Keuangan mengalami kecelakaan penerbangan ketika saat akan kembali ke tempat tugas masing-masing.

Dalam kesempatan ini, seluruh peserta upacara mengenakan seragam yang sama yaitu atasan putih bawahan hitam dan menggunakan pita hitam di lengan sebelah kiri yang menandakan lambang duka atau suasana berkabung. Pada kesempatan ini, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani melalui amanatnya yang dibacakan oleh Ibu Ratih Hapsari Kusumawardani mengawali dengan ucapan duka yang mendalam atas kecelakaan yang dialami oleh keluarga Kementerian Keuangan yang hendak bertolak ke tempat tugasnya. Selanjutnya, Ibu Sri Mulyani mengajak kepada seluruh pegawai Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu meningkatkan baktinya kepada negeri. Beliau berpesan kepada generasi millennial khususnya untuk selalu menggali pengetahuan serta nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pendiri bangsa agar menjadi generasi yang mampu membangun dan memimpin Indonesia untuk lebih baik lagi kedepannya.

Pada kesempatan ini pula, Ibu Ratih memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada tiga pegawai Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah. Salah satunya yaitu Ibu Nenny Susanti, pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Palangka Raya. (Teks/Foto HI Pky)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini