Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Kilas Peristiwa
Turut Berperan Aktif untuk Mencegah Korupsi
Sayyidah Ustadza
Rabu, 18 Juli 2018   |   239 kali

Palangka Raya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya mendapatkan kunjungan istimewa dari Tim Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan (Itjen Kemenkeu) pada Selasa 17 Juli 2018. Kunjungan IBI tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pencegahan korupsi. Kepala KPKNL Palangka Raya diwakili oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Andoenie, membuka sosialisasi tersebut yang dihadiri oleh jajaran pegawai KPKNL Palangka Raya di aula KPKNL Palangka Raya.

Tahun ini, IBI secara langsung turun ke lapangan, kunjungan door to door, untuk memberikan sosialisasi tersebut. Sebelumnya, pola sosialisasi yang diberikan oleh IBI cenderung segmented, yaitu mengundang berdasarkan garis usia atau mengundang sekumpulan perwakilan unit kantor. “Harapannya kita lebih tau risiko-risiko fraud pada masing-masing unit sehingga dapat meminimalisir terjadinya fraud,” ucap Agus Sarwodi, Auditor Madya IBI. Secara umum, fraud didefinisikan sebagai kegiatan atau tindakan seperti pencurian, korupsi, konspirasi, penggelapan, pencucian uang, pemberian suap, dan pemerasan.

Pada sosialisasi tersebut, Merzi Umas selaku Auditor Muda IBI menyampaikan pencegahan korupsi melalui diri sendiri. Setiap pegawai harus bisa menjaga integritasnya di manapun ia berada. Apabila seorang pegawai sudah mampu untuk menjaga dirinya sendiri, ia dapat melakukan persuasif untuk mencegah yang lain untuk tidak melakukan korupsi. “Ibu Menteri kita saja dinobatkan sebagai menteri terbaik sedunia. Seharusnya, kita sebagai pegawai beliau berusaha menjadi pegawai yang terbaik pula,” ucap Merzi.

Selanjutnya, Jarvik Fuad Rizky selaku Auditor Pertama IBI menyampaikan bahwa tingkat integritas Kementerian Keuangan secara umum sudah baik. Hal tersebut karena sistem anti korupsi telah berjalan efektif bagi organisasi dan pegawai. Hanya saja, masih terdapat sebagian kecil oknum yang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan budaya integritas. Untuk itu, IBI berharap bahwa setiap unit maupun pegawai terus meningkatkan kerjasama sinergi dengan Itjen dalam mengembangkan program budaya integritas.

Kementerian Keuangan telah menyiapkan kemudahan bagi pegawai yang ingin melaporkan adanya tindak fraud di lingkungannya melalui Whistleblowing System. Sistem tersebut dapat diakses melalui telepon, faksimile, sms, website, surel, dan pengiriman surat kepada Itjen.

Sosialisasi dilanjutkan dengan berbagai tanya jawab oleh perwakilan KPKNL Palangka Raya. Andjoenie berharap agar sosialisasi tersebut dapat meningkatkan motivasi bagi seluruh pegawai untuk turut mencegah praktik korupsi di sekitar dan membudayakan whistleblowing system. (Teks/Foto HI PKY)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini