Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Evaluasi Kinerja Portofolio Aset pada KPKNL Palangka Raya
Sayyidah Ustadza
Senin, 09 Desember 2019   |   230 kali

Dalam rangka memahami lebih dalam mengenai Evaluasi Kinerja Portofolio Aset, perwakilan seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya di bawah Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kalselteng) mendapatkan sosialisasi dari perwakilan Direktorat Barang Milik Negara (BMN). Sosialisasi yang dilaksanakan di aula KPKNL Palangka Raya pada Kamis (05/12) dipimpin oleh Kepala Seksi PKN KPKNL Palangka Raya, Suryo Hartono.

“Evaluasi Kinerja Aset merupakan salah satu program unggulan DJKN yang harus kita laksanakan. Selain itu, Evaluasi Kinerja Aset merupakan program dengan sistem berkelanjutan,” ucap Kepala Seksi BMN ID, Naf’an Widiarso Rafid yang didampingi oleh Kepala Seksi BMN IVD, Faradisa Indah Puri Suryaputri.

Dengan berlatar belakang permasalahan pengelolaan aset, DJKN melakukan manajemen portofolio aset  dan mendorong Kementerian/Lembaga (K/L) untuk melakukan pengelolaan BMN secara optimal.

Sementara itu, implementasi evaluasi kinerja aset akandimulai dengan tahap piloting dan pengujian aplikasi s.d. 31 Desember 2019 pada setiap KPKNL. Kemudian, implementasi Tahap I, II, dan III evaluasi kinerja aset menggunakan aplikasi dilakukan secara bertahap mulai tahun 2020 s.d. tahun 2022. Selanjutnya, evaluasi kinerja aset dilaksanakan secara periodik sesuai ketentuan yang berlaku.

DJKN berharap dengan adanya penerapan portofolio aset tahunan, maka akan diperoleh 3 (tiga) manfaat yakni, mengidentifikasi dan mengumumkan K/L yang menggunakan BMN secara kurang optimal; memaksimalkan penggunaan/pemanfaatan BMN berupa lahan/bidang tanah kosong dan/atau idle; mengidentifikasi tanah dan bangunan pemerintah yang memiliki potensi penggunaan/pemanfaatan alternatif yang lebih baik. (Teks/Foto: Seksi Hukum dan Informasi/Sayyidah Ustadza)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini