Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Talkshow KPKNL Palangka Raya Bersama Kalteng Pos FM Terkait Penipuan Lelang
Devi Riandani
Senin, 25 November 2019   |   194 kali

Palangka Raya – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya mengadakan talkshow siaran langsung terkait lelang bersama Kalimantan Tengah Pos FM (KPFM) pada Rabu (13/11) pukul 13.00 WIB. Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Palangka Raya, Zainul Arifin dan Pejabat Lelang Muda, Basuki Rahmat menjadi narasumber talkshow tersebut. 

Talkshow dilaksanakan dalam rangka kegiatan pekan kekayaan negara tahun 2019 yang berlangsung mulai tanggal 11 – 15 November 2019. Pada awal talkshow, Zainul menjelaskan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) agar masyarakat lebih mengenal tugas dan fungsi DJKN. Maraknya penipuan mengatasnamakan lelang menjadi perhatian penuh instansi vertikal DJKN untuk memberikan informasi mengenai lelang. “DJKN hanya memiliki satu sarana untuk mengikuti lelang yaitu lelang.go.id dan dari website tersebut dapat dilihat barang-barang yang akan dilelang KPKNL di seluruh Indonesia,” ujar Zainul. Selain barang-barang lelang yang ada di website bisa dipastikan merupakan penipuan.

Kemudian, Basuki menjelaskan ciri-ciri atau tindakan yang biasanya dilakukan oleh penipu lelang antara lain menghubungi calon korban secara intens, memberikan pelayanan yang berlebihan, menawarkan harga yang murah atau tidak wajar, melakukan pemaksaan untuk membayar sejumlah uang tertentu dengan dalih untuk down payment agar barang tidak beralih ke orang lain dan membuat akun-akun media sosial palsu. “Jika mengalami hal-hal seperti ini, harap berhati-hati dan segera mencari informasi ke KPKNL.” ujar Basuki. Basuki menambahkan agar masyarakat tidak langsung percaya informasi yang didapat tentang lelang dan menghubungi KPKNL untuk informasi yang lebih valid. (Teks/Foto: Devi Riandani: Seksi HI PKY).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini