Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Rapat Monitoring pelaksanaan Sertipikasi BMN berupa tanah 2023
Darmansyah
Senin, 16 Oktober 2023   |   30 kali

Padang (12 Oktober 2023) - Bertempat di Aula KPKNL Padang, KPKNL Padang mengadakan kegiatan rapat monitoring pelaksanaan sertipikasi tanah BMN tahun 2023. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Padang, Ahid Iwanudin dan dihadiri oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Padang, Alim Bastian dan Perwakilan dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Barat serta Satuan Kerja di Lingkungan Kerja KPKNL Padang yang memiliki Target Kategori K3 yaitu clean but not clear (data yuridis dan fisik lengkap namun sengketa/berperkara) dan not clean and not clear (data yuridis dan fisik tidak lengkap serta sengketa/berperkara).

Kegiatan tersebut di moderatori oleh Kepala Seksi Pelayanan Kekayaan Negara KPKNL Padang, Fatih Ghazali. Dalam presentasinya Ahid menyampaikan tantangan-tantangan dalam program percepatan pensertipikan ini yaitu tanah belum ada bukti kepemilikan yang sah, namun dikuasai dan/atau digunakan pemerintah, tanah dimiliki oleh pemerintah, namun dikuasai dan/atau digunakan oleh pihak lain, dalam hal tanah dimiliki oleh entitas pemerintah, namun dikuasai dan/atau digunakan oleh entitas pemerintah yang lain serta tanah dalam sengketa atau proses pengadilan maka dalam hal ini diperlukan pengamanan fisik dan pengamanan administrasi dan hukum. Ahid menegaskan perlunya komitmen bersama untuk bekerja sama dalam percepatan penyelesaian sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2023. Dalam rapat kordinasi tersebut, para Satuan Kerja memaparkan progres dan permasalahan yang ada terkait sertifikat tanah yang dikuasai.

Target sertipikasi tanah tahun 2023 pada KPKNL Padang untuk Kategori 3 (K3) sejumlah 581 Nup dengan jumlah bidang tanah sebanyak 1.559 bidang, dengan output realisasi bisa berupa Peta Bidang Tanah (PBT) atau berita acara pemeriksaan data yuridis dan/atau fisik BMN berupa tanah dalam rangka pensertipikatan. Kegiatan hari ini lebih difokuskan kepada tata cara pembuatan dan permasalahan terkait berita acara pemeriksaan data yuridis dan/atau fisik BMN berupa tanah dalam rangka pensertipikatan untuk kategori K3.

Kegiatan ini bertujuan untuk mematangkan koordinasi dengan Kantor Wilayah BPN di wilayah kerjanya untuk mengoptimalkan capaian target tahun 2023.

(Foto/Teks Guziarie Zul S.H)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini