Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Padang
Profil KPKNL Padang









Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. KPKNL Padang memiliki tugas dan fungsi yang merupakan perluasan fungsional dari instansi yang sebelumnya dikenal dengan Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang (KP2LN) Padang, sebagai konsekuensi dari reorganisasi di lingkungan Departemen Keuangan sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 berikut perubahannya dan Keputusan Presiden Nomor 95 tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal di Lingkungan Departemen Keuangan.


Dalam menjalankan tugas, KPKNL Padang berpegang teguh pada Visi Misi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

VISI : "Menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat"

MISI : 

    1. Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara.
    2. Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi, dan hukum.
    3. Meningkatkan tata kelola dan nilai  tambah pengelolaan investasi pemerintah
    4. Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar  dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan.
    5. Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien,  transparan, dan akuntabel.
    6. Mewujudkan lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrumen jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.



Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Padang merupakan kantor daerah yang merupakan instansi vertikal di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yang berada dibawah bimbingan Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.


KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. Dalam melaksanakan tugas dimaksud, KPKNL menyelenggarakan fungsi:

  1. inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;
  2. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;
  3. registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang;
  4. penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/ atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara;
  5. pelaksanaan pelayanan penilaian;
  6. pelaksanaan pelayanan lelang;
  7. penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang;
  8. pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan;
  9. pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain;
  10. pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang;
  11. inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan;
  12. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang;
  13. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan
  14. pelaksanaan administrasi KPKNL. 


KPKNL Padang berkedudukan di kota Padang, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, yang wilayah kerjanya mencakup 11 kota/kabupaten disekitarnya. Kota/Kabupaten tersebut yaitu: Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatandan Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Wilayah Kerja KPKNL Padang




Bagan Organisasi KPKNL Padang


*Keterangan : Jumlah pegawai per 01 April 2021 adalah 31 (tiga puluh satu) orang


Profil Pejabat KPKNL Padang

       Edy Suyanto S.H., M.M


Menjabat sebagai kepala kantor KPKNL Padang sejak 05 November 2021.  Selesai menempuh pendidikan Strata 1 (satu) Jurusan Hukum di Universitas Diponegoro pada tahun 1992. Kemudian dilanjutkan dengan pendidikan Strata 2 (dua) Jurusan Manajemen di Universitas Muhammadiyah yang selesai pada tahun 2004. 






Muhammad Bukhari S.E., M.Ec.Dev

Menjabat sebagai Kepala Subbagian Umum di KPKNL Padang sejak 25 Februari 2021. Selesai menempuh pendidikan Strata 2 (dua) jurusan Ekonomika Pembangunan di Universitas Gajahmada pada tahun 2011.







 Warnelis

Menjabat sebagai Kepala Seksi Piutang Negara di KPKNL Padang sejak 10 Oktober 2018 dengan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subbagian Umum per tanggal 05 Juni 2007. 









 FATCHURRAHMAN ASSIDIQQI S.E.,M.Si

Menjabat sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Internal di KPKNL Padang sejak 25 Februari 2021. Selesai menempuh pendidikan Strata 2 (dua) jurusan Manajemen di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2005.








Kholis Zakwani S.E.

Menjabat sebagai Kepala Seksi Hukum dan Informasi di KPKNL Padang sejak 25 Februari 2021. Selesai menempuh pendidikan Strata 1 (satu) Jurusan Manajemen di Universitas Muhammadiyah pada tahun 2000.








Zulfikar Lubis, S.H

Menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Lelang di KPKNL Padang sejak 20 Agustus 2019. Selesai menempuh pendidikan Diplomat 4 / Strata 1 Fakultas Hukum di Universitas Al Washliyah pada tahun 2005.







 

Lisdianto, S.E., M.M.

Menjabat sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara di KPKNL Padang sejak 14 Agustus 2019. Selesai menempuh pendidikan Strata 1 (satu) Fakultas Ekonomi di Universitas Jayabaya pada tahun 1996, kemudian melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar Magister Manajemen di Universitas Jayabaya yang pada tahun 2002.






Novrizal, S.S.T., Ak., M.Si

Menjabat sebagai Kepala Seksi Penilaian di KPKNL Padang sejak 14 Agustus 2019. Selesai menempuh pendidikan Diplomat 4 / Strata 1 di Prodip IV Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada  tahun 2002, kemudian melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar Magister Ekonomi di Universitas Gadjah Mada yang selesai pada tahun 2007.



   

 Amas Kenaekan Nasution S.H.,M.H


Menjabat sebagai fungsional Pelelang Ahli Pertama di KPKNL Padang sejak 15 Juli 2020. Selesai menempuh pendidikan Strata 2 (dua) Fakultas Hukum di Universitas Medan Area pada tahun 2018. 







Mailendra S.E.

Menjabat sebagai fungsional Penilai Pemerintah Ahli Pertama di KPKNL Padang sejak 09 Juli 2020. Selesai menempuh pendidikan Strata 1 (satu) Fakultas Ekonomi di Universitas Andalas pada tahun 2011. 







Santi Safaria S.H., M.H

Menjabat sebagai fungsional Pelelang Ahli Pertama di KPKNL Padang sejak 13 Januari 2021. Selesai menempuh pendidikan Strata 2 (dua) Fakultas Hukum di Universitas Andalas pada tahun 2014. 






Wilayah Kerja
Kota Padang
Kota Pariaman
Kota Solok
Kota Sawahlunto
Kabupaten Padang Pariaman
Kabupaten Solok
Kabupaten Solok Selatan
Kabupaten Sijunjung
Kabupaten Dharmasraya
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Kepulauan Mentawai
Prestasi KPKNL Padang
Apresiasi sebagai Unit Kerja Memenuhi Kriteria Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2018 dari Menteri Keuangan
Kantor Pelayanan Percontohan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2013 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia
Apresiasi sebagai Unit Kerja Memenuhi Kriteria Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Peta Lokasi KPKNL Padang
Alamat Kantor
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, Kota Padang, Sumatera Barat, Kode Pos 25129
(0751) 28299
(0751) 21306
kpknlpadang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |