Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Semangat Revaluasi BMN, KPKNL Padang Gelar Bimbingan Teknis di Lima Kota/Kabupaten
Nurul Fadjrina
Kamis, 07 September 2017   |   169 kali

Padang - Dilatarbelakangi semangat menyukseskan Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Revaluasi BMN kepada perwakilan satuan kerja di lima kota/kabupaten sekaligus. 

 

Bimbingan teknis di kota Padang dilaksanakan dalam dua sesi pada Selasa (29/8) di Aula KPKNL Padang, sementara di kota Pariaman, Solok, Sawahlunto, dan kabupaten Pesisir Selatan kegiatan secara serentak dilangsungkan pada Rabu (30/8). Sejumlah enam belas pegawai KPKNL Padang yang dibagi ke dalam empat kelompok bertugas mengawal pelaksanaan bimbingan teknis di empat kota/kabupaten tersebut.

 

“Revaluasi BMN merupakan proyek nasional. Tidak hanya dari pihak DJKN atau Kementerian Keuangan, peran satuan kerja juga sangat dibutuhkan untuk keberhasilan proyek ini,” kata Kepala Seksi Penilaian Arie Susanto pada pembukaan Bimbingan Teknis Revaluasi BMN di KPKNL Padang, Selasa (29/8).

 

Revaluasi atau Penilaian Ulang BMN tahun 2017 akan dilakukan pada BMN berupa tanah, bangunan, dan jalan, irigasi, serta bangunan air. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh nilai aset tetap yang terkini. Ke depannya, nilai ini akan dicantumkan pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

 

Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Yudiandra Satya Budhi juga menjelaskan manfaat-manfaat lain dari pelaksanaan Revaluasi BMN. “Dengan penilaian ulang, pemerintah pun secara bersamaan dapat melakukan pemutakhiran basis data BMN. Pemerintah akan mengetahui aset mana saja yang mungkin bisa dikembangkan lebih lanjut, yang berpotensi untuk dimanfaatkan. Nilai BMN yang aktual juga dapat dijadikan sebagai dasar transaksi atau underlying bagi pemerintah untuk menerbitkan Surat Berharga Negara Syariah (Sukuk),” paparnya. 

 

Pada bimbingan teknis di kota Padang dan serentak di empat kota/kabupaten ini, KPKNL Padang turut mendemonstrasikan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) yang akan digunakan oleh satuan kerja dalam proses penilaian ulang BMN. Para satuan kerja yang hadir juga diwajibkan membawa formulir BMN yang dimiliki agar KPKNL Padang dapat segera menindaklanjuti data-data BMN yang tercantum di dalamnya. 

 

Selain materi revaluasi BMN, KPKNL Padang juga memanfaatkan kesempatan ini dengan mensosialisasikan keikutsertaan KPKNL Padang dalam seleksi unit kerja berpredikat Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) tahun 2017. Para satuan kerja diajak untuk bersama-sama mendukung terwujudnya KPKNL Padang berpredikat WBK/WBBM.


“KPKNL Padang sangat serius dalam upaya meraih predikat WBK/WBBM ini. Apabila ada keluhan atau pengaduan terkait pelayanan KPKNL Padang, dapat disampaikan melalui SMS/WhatsApp ke 0812 6184 9864 atau email ke pengaduan.kpknlpadang0751@gmail.com,” kata Kepala Seksi Piutang Negara Rismaleni yang berperan sebagai ketua tim kunjungan bimbingan teknis dan sosialisasi di kota Sawahlunto. 
(Teks: Nurul Fadjrina/Foto: Tim KPKNL Padang) 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini