Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Padang
Artikel DJKN

Tahun 2020, Lebaran tanpa mudik !

Kamis, 28 Mei 2020   |   87 kali

(Padang-29/05/2020)Pada bulan April, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak mudik saat hari raya idul fitri. Hal itu guna memutus rantai penyebaran virus covid-19. Hal itu disampaikan melalui Surat Edaran Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Keluar Daerah atau Kegiatan Mudik bagi ASN. ASN harus berperan aktif mendukung pemerintah dalam memerangi virus corona. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ASN adalah dengan tidak mudik. Termasuk pegawai KPKNL Padang yang berdomisili di luar kota Padang seperti Aceh, Medan, Jakarta, Tangerang, Sukabumi, Kebumen hingga Jember.

Meski tidak berkumpul bersama keluarga, beberapa pegawai memanfaatkan momen ini untuk mempererat kebersamaan dan kekeluargaan antar pegawai dengan merayakan hari kemenangan di kantor KPKNL Padang. Gema takbir berkumandang melalui layar televisi tidak mengurangi keindahan suasana idul fitri.   

Saat hari raya tiba, beberapa pegawai bergotong royong menyiapkan hidangan berupa ketupat, opor ayam hingga kue khas lebaran untuk disantap bersama. Ali Mahmud, Kepala KPKNL Padang yang berdomisili di Kudus menyempatkan diri untuk halal bi halal bersama beberapa pegawai di kantor KPKNL Padang. “Meski tidak menikmati hidangan khas lebaran di rumah, namun Alhamdulillah masih bisa menyantapkan ketupat dan opor ayam buatan bersama,”canda Ali Mahmud, yang turut bergabung bersama "tim gagal mudik".

Tidak ada kemeriahan bermudik ria, tidak ada keharusan untuk mengantri moda angkutan darat, laut ataupun udara, tidak ada open house di masing-masing tempat tinggal hingga tidak ada momen memberikan amplop THR ke sanak keluarga maupun tetangga dekat. Terlepas dari segala perubahan yang dirasakan, tetap terhubung dengan orang-orang yang disayangi meski sebatas layar. Seperti yang dilakukan oleh beberapa pegawai KPKNL Padang, mereka melakukan silaturahmi bersama keluarga, sanak saudara maupun kerabat terdekat melalui video call whatsapp atau aplikasi zoom. Canda tawa dan berbagi kisah atau momen menarik selama hari raya menjadi penawar rindu yang dirasakan oleh beberapa pegawai.  Hari pertama hari raya, dilewati dengan suasana yang penuh kehangatan. Lebaran tahun ini merupakan kali pertama dirasakan oleh pegawai KPKNL Padang maupun KPKNL daerah lainnya tanpa mudik dan berkumpul bersama keluarga. Semoga lebaran tahun mendatang kembali normal dan lebih baik daripada tahun ini. (Teks dan Foto : Riris)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Kontak
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, Kota Padang, Sumatera Barat, Kode Pos 25129
(0751) 28299
(0751) 21306
kpknlpadang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |