Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
KPKNL Metro Suksekan Kemenkeu Mengajar 8
Muhamad Rizkiana Gumilang
Rabu, 25 Oktober 2023   |   53 kali

Rangkaian peringatan Hari Oeang Ke-77 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian kami, pegawai Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan. Kegiatan Kemenkeu Mengajar (KM) yang telah berlangsung selama delapan tahun terakhir kembali diadakan. Para relawan yang terdiri dari pejabat/pegawai Kemenkeu akan mengajar selama satu hari di sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA bahkan SLB (Sekolah Luar Biasa) dan SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri). Tahun ini sebanyak 6.800 lebih Pegawai Kementerian Keuangan akan mendukung Kemenkeu Mengajar 8 menjadi relawan secara luring di 307 sekolah pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA sederajat termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) yang tersebar di 37 Provinsi, 35 Kota, dan 57Kabupaten di Indonesia serta 6 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di 4 negara (Singapura, Malaysia, Thailand, dan Jepang).

Pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2023, Relawan KM 8 Lampung Selatan bersama-sama menuju SMK Yadika Natar Lampung Selatan untuk melaksanakan kegiatan Kemenkeu Mengajar tahun 2023. Kegiatan diikuti oleh sekitar 120 siswa/siswi yang dibagi pada 6 kelas. Terdapat sekitar 16 koordinator daerah/panitia daerah KM8 Lampung Selatan dan 16 relawan pengajar. KPKNL Metro turut berpartisipasi pada KM8 wilayah Lampung Selatan, Ramson Damanik Kepala KPKNL Metro dan Muchtar Nurwahidzain Kepala Seksi Hukum dan Informasi menjadi relawan pengajar pada kegiatan tersebut, Eka Hidayati di Bidang Fasilitator dan Sekolah dan Siti Harliani Monica di Bidang Komunikasi dan Publikasi.

Pengetahuan yang disampaikan kepada siswa-siswi meliputi: 1. Peran Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN); 2. Peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini; 3. Pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan; 4. Serta cerita inspiratif. Selain itu, relawan KM diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswi dalam menggapai cita-citanya. Pada kesempatan tersebut Relawan KM juga menyampaikan penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam kehidupan sehari-hari dan rasa kecintaan terhadap negeri. Siswa-siswi SMK Yadika Natar Lampung Selatan tampak antusisas mengikuti kegiatan tersebut. Hal yang menjadi cukup berkesan bagi relawan KM adalah ketika salah satu siswa menjawab ingin menjadi pegawai Kemenkeu seperti Kakak saat ditanya tentang cita-citanya.

Kemenkeu Mengajar, “Dari Kami, Untuk Negeri”.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini