KPKNL Metro
BERITA UTAMA
Kamis (06/09) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Lampung dan Bengkulu mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) dan Sharing Knowledge tentang Lelang.
Profil KPKNL Metro


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Metro adalah instansi vertikal yang berada dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah V Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Bandar Lampung. Wilayah kerja KPKNL Metro meliputi 8 kota/kabupaten, diantaranya; Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji, dan Kabupaten Way Kanan.


Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengadakan beberapa kali perubahan Organisasi terakhir pada tahun 2006 dengan Peraturan Presiden Nomor : 91 Tahun 2006 tentang Unit Organisasi dan Tugas Eselon I Kementerian Negara Republik Indonesia, antara lain perubahan Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN) menjadi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal di Lingkungan Departemen Keuangan.

Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden tersebut maka Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Peraturan ini kemudian diperbaharui dengan adanya
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.06/2016 vide Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.06/2012  tentang Organisasi Dan Tata kerja Instansi Vertikal di Direktorat Jenderal kekayaan Negara


Dengan berlakunya Peraturan Menteri tersebut maka pada DJKN terdapat 17 Kantor Wilayah dan 85 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. Dari 17 Kantor Wilayah tersebut satu diantaranya adalah Kantor Wilayah V DJKN Bandar Lampung dan dari 85 Kantor Operasional itu salah satunya adalah KPKNL Metro. Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi DJKN tersebut Menteri Keuangan Republik Indonesia mengeluarkan surat Keputusan Nomor 254/KM.1/UP.11/2007 tangal 12 April 2007 tentang Mutasi Pejabat Eselon III di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Pelantikan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2007, sehingga terhitung mulai tanggal 7 Mei 2007 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro melakukan tugas operasionalnya namun masih memakai alamat KPKNL Bandar Lampung sambil menunggu mendapat gedung di kota Metro.

 

Pada tanggal 6 Agustus 2007 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro secara resmi menempati Gedung Kantor di Kota Metro yang beralamat di Jalan Imam Bonjol Nomor 26, Kota Metro. Sejak tahun 2014, KPKNL Metro mulai menempati Gedung baru yang beralamt di Jalan A.H. Nasution Nomor 116 Kota Metro. 

 

Sejak tahun 2016, KPKNL Metro dipimpin oleh Swastiko Purnomo. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Kepala Kantor dibantu oleh 1 orang Kepala Subbagian Umum, 6 orang Kepala Seksi, dan 21 Pelaksana. Berikut adalah struktur organisasi KPKNL Metro :


KPKNL Metro  memiliki visi “ Menjadi kantor pelayanan yang profesional, akuntabel, dan bekerja ikhlas untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.  Sedangkan misi KPKNL Metro yakni:

1.             1.  Memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akuntabel;

  1. Bekerja dengan santun dan ikhlas;
  2. Meningkatkan kualitas kerja dan penerimaan negara;
  3. Menjaga dan meningkatkan citra institusi.

Selain visi dan misi yang diusung, KPKNL Metro memiliki motto kerja dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder yakni “Tapis” yang bermakna:

1.               1. Tertib. Tertib dalam menjalankan tugas dan ketentuan yang berlaku.

2.           2Akuntabel. Senantiasa bekerja dengan teliti dan memberikan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

3.            3Profesional. Memberikan pelayanan dengan tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik.

4.           4Ikhlas. Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati.

5.            5.  Sempurna. Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan pelayanan yang terbaik.

KPKNL Metro juga mempunyai budaya kerja “Irus” (inovasi terus-menerus), FGD to solution, Pray for safety, capacity building, employees expectation, jumat sehat, kalimat inspiratif,dan satu tahun satu buku.


Wilayah Kerja
Kota Metro
Kabupaten Lampung Timur
Kabupaten Lampung Tengah
Kabupaten Lampung Utara
Kabupaten Tulang Bawang
Kabupaten Tulang Bawang Barat
Kabupaten Mesuji
Kabupaten Way Kanan
Peta Lokasi KPKNL Metro
Alamat Kantor
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id