Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Juara Lagi, Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro Pemenang KOIN MAS 2022/2023
Muhamad Rizkiana Gumilang
Selasa, 24 Oktober 2023   |   49 kali

Senin, (23/10), bertempat  di Kantor Pusat DJKN,  Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro hadir untuk berkompetisi dalam acara Grand Final KOIN Mas 2022/2023 Hadir sebagai Dewan Juri, Rionald Silaban, Direktur jenderal Kekayaan Negara, Dedi Syarif Usman, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Encep Sudarwan, Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Arik Hariyono, Direktur Penilaian, dan Hendricus Andy Simarmata, Ketua Umum Ikatan Ahli Perencana Indonesia.

Di grand final ini, Tim KOIN MAS Lamkulu Metro behadapan dengan Tim KOIN MAS Jawa Barat – Bekasi dalam kategori “Optimalisasi Aset Pada Pengelola Barang”. Pada babak ini, Tim diwajibkan melewati sesi pemaparan materi dan tanya jawab dengan dewan juri terkait latar belakang, tujuan project, project optimalisasi, implementasi project, Capaian Manfaat dan Dampak Ekonomi, Capaian Manfaat dan Dampak Sosial, Kompleksitas Project Optimalisasi.

Susunan Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro yaitu Joko Susanto (Ketua), M. Dwiyo Sugondo (Anggota), Teridefira (Anggota), Miftachul Huda (Anggota), Angga Aprianto (Anggota), mampu melaksanakan pemaparan dan menjawab pertanyaan dewan juri dengan lugas dan optimis. Rencana pengembangan dan keberlanjutan proyek menjadi titik kritis yang diuji oleh dewan juri.

Aset eks Kelolaan PT PPA (Persero) berupa sebidang tanah seluas 2.365 m2 dan di atasnya berdiri bangunan gudang eks bangunan penggilingan padi dalam kondisi rusak berat seluas 600 m2 terletak di Jalan Raya Sekampung Dusun V RT/RW 08, Desa Sumbergede, Kec. Sekampung, Kabupaten Lampung Timur menjadi objek optimalisasi aset dengan proyek pengembangan bank sampah di Desa Sumbergede.

Berdasarkan analisis Highest and Best Use (HBU) yang dilakukan oleh Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro, aset tersebut memiliki potensi ekonomi dan potensi sosial yang tinggi apabila dimanfaatkan sebagai bank sampah. Hal ini sejalan dengan program desa setempat yang sedang berproses menjadi Desa Mandiri dalam pengelolaan sampah.

Sejak penandatanganan perjanjian pinjam pakai aset antara Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu dengan Pemerintah Desa Sumbergede pada 11 Agustus 2023 yang lalu, proyek pembangunan bank sampah di Desa Sumbergede mulai dirintis. Dalam pelaksanaanya, Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro menggandeng beberapa pihak seperti menjalin kerjasama dengan BUMDes Sumbergede sebagai pengelola bank sampah, menjalin kerjasama dengan PT BRI Persero dalam pembuatan rekening tabungan nasabah bank sampah, menjalin kerjasama dengan PT SMF dalam pendanaan renovasi Gedung, dan menjalin kerjasama dengan praktisi pengelolaan sampah sebagai narasumber dan percontohan.

Dedikasi Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro dalam persiapan, pelaksanaan, rencana pengembangan, dan keberlanjutan proyek dapat dijabarkan dengan sangat matang kepada dewan juri sehingga Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro mampu meyakinkan dewan juri. Pada akhirnya saat momen pengumuman pemenang dibacakan, dewan juri dengan mantap menetapkan Tim KOIN MAS Lamkulu – Metro sebagai juara dalam KOIN MAS 2022/2023 kategori “Optimalisasi Aset Pada Pengelola Barang”.

#DJKNOptimalkanAset #JagaAsetNegara

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini