Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Mengulik Kebijakan Keuangan Negara Sebagai Crisis Relief Dalam Menangani Pandemi Covid-19
Budi Satrio
Senin, 15 Juni 2020   |   284 kali

Untuk menggali lebih dalam pemahaman terkait dampak pandemi covid 19 terhadap ekonomi global dan menelisik lebih jauh atas upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam menyelamatkan perekonomian bangsa, Selasa, 9 Juni 2020, KPKNL Metro menyelenggarakan Focus Group Discusion (FGD) dengan media daring melalui aplikasi Zoom Meeting. FGD ini diikuti seluruh pegawai KPKNL Metro baik yang WFH maupun yang WFO. “Kebijakan Keuangan Negara sebagai Crisis Relief dalam Menangani Pandemi Covid-19” menjadi tema yang cukup menarik untuk diulas.

Sebagai pembuka, Kepala KPKNL Metro menyampaikan update Covid-19 dan perkembangan Ekonomi terkini. Pandemi Covid 19 telah membawa dampak mendalam pada ekonomi global dan memberikan  efek domino pada aspek sosial, ekonomi, dan  Keuangan. Ancaman resisi dan stabilitas sistem keuangan mendorong pemerintah  untuk mengambil langkah extraordinary. Beliau juga menyampaikan bauran kebijakan penanganan covid 19 yang telah dilakukan oleh pemerintah dan perkembangan stimulus perlindungan sosial.

Pada sesi berikutnya Kepala Seksi  Kepatuhan Internal mengupas lebih dalam  terkait stimulus perlindungan sosial yang telah dijalankan oleh pemerintah. Tambahan belanja APBN 2020 menjadi prioritas untuk penanganan Covid 19, yang diwujudkan dalam dukungan fiskal untuk menjaga konsumsi rumah tangga dan mendukung UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi. Terobosan yang telah dilakukan diantaranya adalah Program Keluarga Harapan,Program Kartu Sembako, Diskon Tarif Bagi Pelanggan Listrik 450 VA dan 900 VA Subsidi dan Program Kartu Pekerja.

Menariknya tema FGD kali ini yang salah satu tujuannya adalah untuk menggali dan memperoleh beragam informasi tentang masalah atau topik tertentu yang sangat mungkin dipandang secara berbeda-beda dengan penjelasan yang berbeda pula, telah berhasil  memancing para peserta untuk terlibat aktif memberikan sumbangsih pemikirannya. Pada kesempatan ini masing-masing seksi teknis menyampaikan upaya tanggap pandemi covid 19 yang telah dilakukan, melalui relaksasi pelayanan dengan tetap memperhatikan protap kesehatan. Kasubbag umum menguraikan tentang upaya-upaya yang telah dilakukan diantaranya penghematan anggaran, menyediakan sarana prasarana penunjang sebagai langkah antisipatif terhadap penyebaran covid19 dan menyongsong pelaksanaan New Normal.

Di akhir FGD, Kepala KPKNL Metro menghimbau kepada para pegawai KPKNL Metro untuk tetap menjaga protap kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada para stakeholder maupun dalam kehidupan sehari-hari. Bisa menjadi role model bagi masyarakat sekitar untuk mengedukasi dan menjadi  corong pemerintah atas upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka pencegahan dan penanganan dampak pandemi covid 19
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini