Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
KPKNL Metro Gencarkan e-Auction di Lampung Tengah
Basri
Selasa, 27 Maret 2018   |   689 kali

Lampung Tengah - Kantor Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro sosialisasikan lelang elektronik (e-Auctionkepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Tengah pada Rabu (21/3) di Aula Kantor Pemda Lampung Tengah. Kegiatan ini diselengarakan sebagai upaya untuk mengenalkan mekanisme lelang elektronik (e-Auction) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lampung Tengah.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara langsung oleh Plt Bupati Lampung Tengah Loekman Djojosoemarto didampingi Sekretaris Daerah Adi Erlansyah dan Kepala DPPKAD Madani. Dalam sambutannya, Loekman memohon arahan terkait tata cara lelang untuk tujuan penghapusan BMD. Hal ini terkait juga dengan rencana Pemda Lampung Tengah untuk melakukan lelang kendaraan dinas dalam rangka penghapusan Barang Milik Daerah (BMD)Pelaksanaan Lelang Kendaraan Dinas ini baru pertama kali dilakukan oleh Pemerintah Daerah Lampung Tengah.

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka Sukadana mengapresiasi upaya Pemda Lampung Tengah untuk mematuhi peraturan yang ada yaitu PP 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan  Permendagri  Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Ekka juga menambahkan bahwa penghapusan BMD merupakan langkah untuk mewujudkan tertib fisik, tertib administrasi, dan tertib hukum dalam pengelolaan BMD. Lelang sebagai mekanisme lanjutan dalam penghapusan BMD juga berperan sebagai sarana “merapikan” Laporan Keuangan/Barang Pemerintah Daerah dan Sistem Manajemen Barang Daerah. Di akhir, Ekka menegaskan bahwa lelang BMD juga akan memberikan banyak manfaat bagi pemerintah daerah.

Pada kesempatan ini, Kepala KPKNL Metro Swastiko juga menyampaikan sambutan dan materi singkat mengenai lelang. Secara garis besar, Swastiko menyampaikan pengertian umum tentang lelang dan jenis-jenis lelang. Ia juga menerangkan sekilas tentang modernisasi proses lelang secara elektronik (e-Auction) yang terdiri atas mekanisme penawaran terbuka (open bidding) dan penawaran tertutup (close bidding). Terakhir, beliau menghimbau kepada para hadirin untuk dapat mengakses situs lelang djkn untuk dapat mempraktikan e-Auction. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tata cara tata cara mekanisme lelang secara elektronik oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Metro Aris Kurniawan.

Acara sosialisasi ditutup dengan penyampaian hasil Laporan Penilaian Kendaraan Dinas Pemda Lampung Tengah dari KPKNL Metro kepada Pemda Lampung Tengah, dan penyerahan plakat.

Selepas kegiatan sosialisasi, Rombongan KPKNL Metro bersama Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kantor BRI Cabang Bandar Jaya. Kunjungan ini merupakan wujud koordinasi dan penguatan sinergi sebagai upaya untuk dapat mencapai target lelang 2018. (Humas KPKNL Metro)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini