Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Peran Strategis BMN Idle sebagai Penghemat Anggaran dan Penyumbang PNBP
Basri
Jum'at, 20 Oktober 2017   |   177 kali

Metro - Bertempat di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Metro, Kamis (19/10) berlangsung acara penyerahan Barang Milik Negara idle, dari Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kotabumi kepada KPKNL Metro.

Penyerahan BMN idle ini dilakukan langsung oleh Damari, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kotabumi, dan dituangkan dalam bentuk Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara yang sudah tidak digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi Kementerian/Lembaga. Turut hadir pada kesempatan itu Hedaryani, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara III Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan Lelang Lampung dan Bengkulu.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor KPKNL Metro, Swastiko Purnomo yang menerangkan bahwa penyerahan BMN idle ini dapat meningkatkan penajaman peran Pengelola Barang sebagai manajer aset, serta bentuk pengendalian dan penatausahaan atas BMN idle sebagai amanah dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 71/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pengelolaan BMN yang Tidak Digunakan untuk Menyelenggarakan Tugas dan Fungsi Kementerian/Lembaga.

Swastiko menambahkan terdapat dua peran strategis dalam penyerahan BMN idle ini yaitu penghematan anggaran yakni biaya pengadaan dan penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dalam hal BMN idle tersebut masuk ke dalam ranah pemanfaatan BMN. Dalam sambutan balasannya, Damari menuturkan bahwa BMN idle ini sangat jauh dari jangkauan sehingga terbengkalai dan telah dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, sehingga BMN tersebut diputuskan sebagai BMN idle. Aset tersebut sebelumnya telah memperoleh penetapan sebagai aset idle melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 36/KM.6/WKN.05/KNL.04/2014 tanggal 10 November 2014. Damari menambahkan dengan adanya penyerahan aset idle ini dapat mengurangi beban pemeliharaan dan dapat dikeluarkan dari laporan keuangan.

Masuk ke agenda utama yaitu penandatanganan Berita Acara Serah Terima dan Penyerahan Asli Sertipikat BMN Idle yang dilakukan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kotabumi dan Kepala KPKNL Metro. BMN yang telah dinyatakan Idle adalah dua bidang tanah kosong dengan luas masing-masing 4.720m­2 dan 22.270m2 yang terletak di Jalan Raya Terbanggi Tanjung Ilir Kecamatan Way Pangubuan Lampung Tengah. Swastiko memberikan apresiasi kepada Lapas Anak Kelas IIA Kotabumi karena dengan adanya penyerahan BMN idle, efektivitas dan optimalisasi penggunaan BMN tersebut dapat berjalan dengan baik. (Penulis/Foto: Seksi HI KPKNL Metro)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini