Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
Memaknai Hari Pahlawan Bagi ASN
Muhamad Rizkiana Gumilang
Senin, 20 November 2023   |   214 kali
    1. Hari Pahlawan diperingati tanggal 10 November setiap tahunnya. Dalam peringatan Hari Pahlawan kita memperingati jasa-jasa pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Saat ini, Hari Pahlawan menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan pahlawan sebagai inspirasi serta memotivasi generasi masa kini untuk mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa. 


      Lalu, apa makna pahlawan menurut persepsi generasi saat ini?


      Memaknai hari pahlawan adalah hal yang penting, karena merupakan bentuk penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan NKRI. Namun, seiring perkembangan zaman dan tantangan yang dihadapi generasi saat ini telah membentuk persepsi baru tentang makna kepahlawanan. Sebagaimana kita pahami, dahulu makna pahlawan adalah orang yang secara langsung maupun tidak langsung berjasa bagi negara yaitu dengan berkontribusi membebaskan negara ini dari belenggu penjajah dalam menggapai kemerdekaan. Pergeseran makna pahlawan pada masa ini  bukan lagi dipahami sebagai sebuah gerakan heroik yang mengangkat senjata melawan penjajah dalam memperjuangkan kemerdekaan, melainkan orang yang berjasa di bidangnya masing-masing dan mampu memberi manfaat bagi banyak orang. Pahlawan mungkin dapat dipersepsikan sebagai mereka yang dapat memberi perubahan ke arah lebih baik di masyarakat atau mereka yang dapat membawa pengaruh positif bahkan menciptakan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan.


      Menurut pendapat penulis, masing - masing dari kita memiliki potensi untuk menjadi pahlawan. Kita dapat memaksimalkan potensi yang kita miliki untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada orang lain sesuai dengan kedudukan dan keahliannya, baik itu berupa tenaga, pikiran, maupun harta kekayaan yang dimiliki. Disamping itu, penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi melalui sektor ekonomi, olah raga, seni, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, keamanan, psikologi, dan keahlian lainnya dapat menjadi faktor penting dalam perkembangan bangsa Indonesia dalam persaingan di kancah internasional.

       

      Peran ASN sebagai Pahlawan:


        • Perekat dan Pemersatu Bangsa: Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tugas utama adalah menjadi perekat dan pemersatu bangsa. ASN diharapkan mampu mewujudkan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam menjalankan tugasnya.
        • Strategis dalam Membangun Bangsa: Peran strategis ASN dalam membangun bangsa tidak hanya terbatas pada tugas administratif, namun juga dalam menjaga persatuan, keberagaman, dan kesatuan bangsa Indonesia.
        • Menginspirasi Jiwa Nasionalisme: Hari Pahlawan menjadi momentum bagi ASN untuk memupuk jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kecintaan pada bangsa. ASN diharapkan menyadari pentingnya peran mereka dalam memajukan Indonesia serta meneruskan semangat perjuangan pahlawan.
        • Transformasi dan Profesionalisme: ASN didorong untuk melakukan transformasi diri menjadi abdi negara yang lebih profesional, memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

    Sebagai seorang ASN, Hari Pahlawan adalah salah satu momen pengingat akan tanggung jawab ASN dalam membangun bangsa yang bersatu, mandiri, dan berdaulat. Bekerja dengan profesional dan amah dalam pelaksanaan tugas sebagai abdi negara merupakan salah satu perwujudan pahlawan tanpa tanda jasa sesuai kedudukannya. 

    Penulis sebagai seorang ASN di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) berpendapat bahwa bekerja dengan penuh integritas, ikhlas, bertanggung jawab, dan amanah dalam mengelola kekayaan negara, merupakan ceriminan sikap kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para patriot bangsa terdahulu. 

    Melalui tulisan ini, Penulis sebagai generasi muda mengajak Pembaca untuk mempertajam kembali sikap dan cara memknai Hari Pahlawan dalam sudut pandang Penulis, yaitu:

    1. Jadikan Hari Pahlawan sebagai motivasi untuk menjalani kehidupan. Sikap berjuang tidak mesti muncul ketika berperang. Dalam kehidupan sehari-hari punmemperjuangkan sesuatu harus tumbuh dalam diri anak muda. Seperti berjuang meraihprestasi ataumenarget pencapaian cita-cita. Jadikan Hari Pahlawan sebagai motivasi menjalani kehidupan, bukanhanya sekadar momentum perjuangan.

    2. Jadikan Hari Pahlawan sebagai pembuktian dan evaluasi diri generasi muda. Bukan sebatas momentum, peringatan Hari Pahlawan setiap 10 November dapat dimaknai sebagaievaluasi diri. Buktikan dengan pencapaian rencana hidup yang bertujuan mengubah masa depan.Generasi muda bisa memaknai pengorbanan pahlawan bangsa, dengan mengedepankan sikap tangguh dan pantang menyerah serta gigih berjuang.

    3. Kaum Muda mampu jadi pahlawan negeri sesuai kemapuan masing-masing. Jika pada zamannya pahlawan rela merebut kemerdekaan hingga mempertaruhkan nyawa dan menyebabkan pertumpahan darah, kaum muda pun bisa menjadi sosok pahlawan dengan memainkan peran sesuai kemampuan, pekerjaan, dan kapasitasnya masing-masing.

    4. Memaknai Hari Pahlawan dengan sikap bertanggung jawab dan amanah. Amanah berkaitan dengan kepercayaan dan kewajiban, sedangkan tanggung jawab berkaitan dengan akuntabilitas dan konsekuensi. Keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam membangun kepercayaan, menciptakan keadilan, dan menjaga lingkungan. Seorang yang amanah dianggap sebagai individu yang dapat dipercaya, jujur,dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan kepercayaan yang diberikan. Amanah juga mencakup integritas, kejujuran, dan keadilan dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil. Seorang yang memiliki amanah dihargai dan dihormati oleh orang lain, karena mereka menunjukkan integritas dan kejujuran dalam setiap aspek kehidupan.

    "Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".


    Ditulis oleh : Eka Hidayati dalam presentasi acara "Gerak KPKNL Metro".

    Disunting oleh: Muchtar Nurwahidzain dan Muhamad Rizkiana Gumilang, Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Metro


    Sumber:

    1. menpan.go.id - Cara ASN Meneladani Perjuangan Pahlawan
    2. kemenag.go.id - Semangat Hari Pahlawan, Kemenag: Mari Bertansformasi Menjadi ASN Amanah dan Profesional
    3. bkkbn.go.id - Memaknai Hari Pahlawan, ASN BKKBN Harus Menonjol Dalam Keberanian dan Pengorbanan
    4. melintas.id - Tantangan dan Peran ASN dalam Membangun Bangsa
    5. sulteng.kemenag.go.id - Hari Pahlawan, Kakanwil Ingatkan Peran ASN Kemenag
    6. berita.gorontalokota.go.id - Hari Pahlawan Jadi Momentum Memupuk Jiwa Nasionalisme Kalangan ASN
Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini