Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
Kedai Lelang UMKM DJKN Dukung Kebangkitan Sektor UMKM
Muhamad Rizkiana Gumilang
Selasa, 28 Maret 2023   |   142 kali

Metro – Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disebut-sebut sebagai lini bisnis yang menjadi pondasi dasar bagi Indonesia dalam bertahan terhadap resesi ekonomi, baik dalam masa pandemi covid-19 yang lalu maupun prediksi resesi ekonomi 2023 yang telah banyak dibicarakan oleh pakar ekonomi. Meskipun sempat terpukul akibat pandemi covid-19 yang memaksa pemerintah melakukan berbagai pembatasan kegiatan masyarakat, nyatanya sektor UMKM mampu bangkit bahkan dapat menopang perekonomian Indonesia. Pada umumnya UMKM memproduksi kebutuhan primer masyarakat dan mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga ekonomi dapat terus bergerak.

Perkembangan UMKM di Provinsi Lampung dinilai cukup pesat terlebih pada industri kuliner dan kerajinan khas daerah. Berdasarkan data Online Data System (ODS) Dinas koperasi dan UMKM pada rentang tahun 2020 hingga 2022 tercatat rata-rata pertumbuhan UMKM di Provinsi Lampung yang tersebar di 15 kabupaten/kota sekitar 9 - 10 persen pertahun.

Dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN), DJKN turut berpartisipasi memberikan dukungan bagi keberlangsungan bisnis pelaku usaha UMKM. Sejak tahun 2021 DJKN menginisiasi program Kedai Lelang UMKM yang dilaksanakan oleh seluruh kantor vertikal DJKN di seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke. DJKN juga mengembangkan portal lelang dengan menyematkan fitur lelang produk UMKM pada aplikasi tersebut.

Di momentum 115 tahun lelang hadir di Indonesia, DJKN kembali melanjutkan program Kedai Lelang UMKM sebagai dukungan kepada UMKM lokal untuk memperluas pemasaran produknya melalui platform lelang.go.id. Para pegawai DJKN di seluruh Indonesia sedang gencar melakukan penggalian potensi lelang sukarela produk UMKM sebagai salah satu opsi pemasaran produk yang dapat menjagkau wilayah pemasaran yang lebih luas dan klasifikasi konsumen yang berbeda mengingat lelang.go.id telah dikenal sebagai situs lelang eksekusi hak tanggungan dengan objek berupa tanah dan/atau bangunan serta Non Eksekusi Barang Milik Negara dengan objek berupa kendaraan dan inventaris kantor.

Perubahan kebiasan masyarakat dalam berbelanja secara konvensional menjadi berbelanja secara online harus mampu disikapi secara cepat dan cermat oleh pelaku usaha UMKM sebagai sebuah potensi. Pelaku usaha UMKM harus melakukan adaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru dalam membangun pasar dan mendistribusikan produk. Hadirnya lelang.go.id dapat menjadi sebuah pembeda bagi eksistensi UMKM di Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan perubahan iklim perekonomian global. Adapun beberapa manfaat yang dapat dioptimalkan dalam penjualan secara lelang melalui portal lelang, lelang.go.id antara lain:

  1. Jangkauan pasar yang lebih luas karena lelang.go.id dapat diakses dimana saja selama terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, unit vertikal DJKN tersebar di seluruh Indonesia sehingga lelang akan terus eksis dan semakin dikenal oleh masyarakat luas.
  2. Lelang dapat membentuk harga yang optimal karena mekanisme lelang pada portal lelang dilaksanakan dengan penawaran naik naik dan penawar tertinggi yang ditetapkan sebagai pemenang.
  3. Lelang dapat meningkatkan brand awareness karena produk lelang akan diiklankan pada portal lelang selama beberapa hari dan dapat diperpanjang pelaksanaannya sehingga profil UMKM tersebut semakin dikenal masyarakat sebagai suatu merk yang menjual produk berkualitas.
  4. Lelang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen karena portal lelang merupakan aplikasi resmi milik pemerintah yang menjamin keamanan dan kepastian keabsahan transaksi.
  5. Menjual produk UMKM melalui lelang tidak dikenakan biaya pendaftaran dan bisa dilaksanakan tanpa uang jaminan lelang.
  6. Menjual dan membeli produk melalui lelang berarti turut berkontribusi bagi penerimaan negara melalui penyetoran bea lelang sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).
  7. Portal lelang didesain sangat user friendly dan persyaratan pendaftaran yang sederhana sehingga dapat dioperasikan dengan mudah bahkan oleh orang awam sekalipun.
  8. Portal lelang menjadi media pemasaran efektif dan efisien karena gratis tanpa biaya dengan potensi konsumen yang luas dengan karakteristik unik.

Pelaksanaan KEDAI Lelang UMKM di tahun 2021-2022 telah berjalan  sukses dengan dukungan internal dan eksternal DJKN serta mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Untuk tahun 2023, urgensi pelaksanaan KEDAI Lelang UMKM antara lain untuk mendukung kebijakan nasional/arahan Presiden dan arahan Menteri Keuangan melalui kebijakan Pemberdayaan UMKM Kemenkeu Satu. Potensi lelang sukarela yang ada ditunjang dengan potensi penyelenggara lelang yang dimiliki DJKN perlu digerakkan lebih maksimal. Inovasi, kreativitas, dan kerja sama yang baik merupakan hal yang dapat dioptimalkan pada sektor lelang sukarela dengan objek produk UMKM serta mendorong ide kreatif untuk pengembangan lelang. Inovasi Lelang melalui kedai lelang UMKM mendorong pertumbuhan penjualan lelang produk UMKM. Kedai Lelang, Inovasi Tiada Henti, Sahabat UMKM

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini