Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
Kolaborasi KPKNL Medan & LPDP: Siap Untuk Mengeksplorasi Talenta Anak Bangsa
Agung Prasetya
Jum'at, 16 Februari 2024   |   61 kali

Medan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan berkolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selenggarakan sosialisasi beasiswa di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara (GKN) Medan, pada Jum’at (16/02). Sosialisasi yang bertajuk “Bersama LPDP, Siap Untuk Mengeksplorasi Talenta Anak Bangsa” itu turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Dodok Dwi Handoko yang memberikan keynote speech (red-pembicaraan kunci yang mendasari tema acara), serta Kepala KPKNL Medan, Kesatria Purba yang menyampaikan opening speech (red-pembicaraan pembuka acara).

Ari R. Kuncoro atau yang akrab disapa Ari, selaku Kepala Subdivisi Komunikasi LPDP, bertindak sebagai narasumber yang bertugas memaparkan Sosialisasi Program Beasiswa LPDP. Para peserta hadir secara fisik di Aula Rekreasi GKN Medan, ditambah peserta yang menyimak secara dalam jaringan (daring) pada kanal youtube KPKNL Medan. Latar belakang peserta sosialisasi berasal dari berbagai kalangan di antaranya perwakilan dari kantor vertikal Kementerian/Lembaga Pemerintah Republik Indonesia seperti Pengadilan Agama Medan, BPN Kota Medan, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara, BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Medan, Kantor Imigrasi Polonia, serta dari kalangan akademisi hingga mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi seperti di antaranya Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, dan tentunya dari beberapa kantor vertikal Kementerian Keuangan sendiri.

Ari yang merupakan awardee (peraih beasiswa) LPDP tahun 2016, didampingi oleh Deisy Merina Isaura Saragih. Deisy bertindak selaku moderator sekaligus sebagai pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Medan, pun sebagai awardee LPDP, yakni tahun 2019. Dalam paparannya, Ari menyampaikan mandat serta visi dan misi LPDP, mengulas akumulasi dana abadi pendidikan, menyajikan data statistik peraih LPDP, menginformasikan ragam program beasiswa LPDP, jadwal seleksi, hingga kebijakan beasiswa. Pada tahun 2023, LPDP telah mencatat sebanyak 9.964 orang berhasil meraih beasiswa LPDP dari berbagai ragam program. Seperti diketahui bersama bahwa LPDP menawarkan program beasiswa yang meliputi Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Umum. Beasiswa Afirmasi terdiri dari Putra-Putri Papua, Daerah Afirmasi, Prasejahtera, dan Penyandang Disabilitas. Kemudian Beasiswa Targeted meliputi PNS-TNI-POLRI, Dokter Spesialis/Subspesialis/Fellowship, Dokter Praktisi, Pendidikan Kader Ulama/Perempuan, Talenta Riset & Inovasi, Kewirausahaan, dan 7 Beasiswa Prioritas. Sedangkan Beasiswa Umum di antaranya ialah Reguler, Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), dan Parsial.

Beberapa program studi (prodi) yang paling diminati para awardee LPDP luar negeri ialah Metallurgy dan Material Science, Biotechnology, Kedokteran, Farmasi. Sedangkan prodi yang paling diminatati para awardee LPDP dalam negeri seperti di antaranya Sustainable and Circular Economy, Hukum (termasuk hukum siber), Pendidikan, Administrasi dan Kebijakan Publik, Bisnis & Manajemen. Ada pula beberapa perguruan tinggi luar negeri yang paling banyak diincar awardee LPDP yaitu Stanford University  Amerika Serikat, University of Cambridge Inggris, Harvard University Amerika Serikat, Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat, University of Oxford Inggris, ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology Swiss, Columbia University Amerika Serikat. Sedangkan beberapa perguruan tinggi lingkup nasional yang paling banyak diincar awardee LPDP yakni UGM, UI, ITB, IPB, UPI, Unpad, Unbraw, Unhas, Undip, Unair, ITS.

 

Di pertengahan acara, panitian menyelipkan kuis berhadiah untuk 5 orang pemenang. Para peserta baik secara daring maupun luring merespon pembawaan materi yang sangat menarik dari Ari, sehingga timbul 12 pertanyaan yang beragam. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan peserta seperti di antaranya mengenai pencairan dana, tips-trik menghadapi wawancara, persyaratan usia, cara memperoleh Letter of Acceptance (red-LoA/Surat Pernyataan Penerimaan dari perguruan tinggi), Komitmen sebelum keberangkatan-komitmen pengabdian, dan sebagainya. Pada penghujung kegiatan, ditutup dengan sesi penyampaian plakat dari KPKNL Medan oleh Kesatria Purba kepada LPDP oleh Ari Kuncoro, serta sesi foto bersama. Ekspektasi dari penyelenggaraan kegiatan ini ialah untuk mempublikasikan berbagai program beasiswa LPDP, menjaring sekaligus menggugah minat para pencari beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri, serta sebagai bentuk akuntabilitas pemerintah melalui LPDP kepada masyarakat.

Narasi-foto: hi.kedanberiman

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini