Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
Sharing Session: Tips Sukses Raih Beasiswa MINTS dan Pengalaman Kuliah di Amerika Serikat dari Wisnu Yogaswara
Agung Prasetya
Jum'at, 19 Januari 2024   |   87 kali

KPKNL Medan selenggarakan kegiatan Sharing Session melalui salah satu pegawainya yang notabene telah mendapatkan penugasan baru ke KPKNL Kisaran, yakni Wisnu Yogaswara. Pria berdarah Sukabumi itu memberikan tips sukses meraih beasiswa FETA/MINTS serta membagikan pengalamannya selama kuliah S-2 di USA. Dirinya menempuh program MBA (red-Magister Business Adminstration, gelar master manajemen bisnis secara internasional) di University of Southern California, Amerika Serikat.

Beberapa tips untuk meraih mimpi berkuliah ke luar negeri melalui jalur beasiswa berdasarkan pengalaman Wisnu meliputi menguatkan niat (terdiri dari penentuan pemilihan tujuan kuliah, Negara, kampus, dan jurusan), berdo’a dan membantu sesama, mempelajari dan berlatih pola soal-soal Tes Potensi Akademik, mengoptimalkan diri untuk menghadapi psikotes, berlatih simulasi wawancara. Pria yang pernah bertugas di kantor pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara itu pun membagikan tips manajemen anggaran selama mengarungi perkuliahan tersebut. Kemampuan manajemen anggaran sangat diperlukan untuk menekan hambatan dari sisi biaya terlebih sedang kuliah di Negara asing.

Bukan hanya melulu tentang perkuliahan, namun pria yang pandai mengolah bahasa pemrograman itu pun membeberkan kisahnya selama mengikuti beberapa kegiatan di luar kampus seperti yang diadakan oleh Google, perusahaan-perusahaan start-up (red-perusahaan rintisan) dan sebagainya.

Turut dihadiri pula secara virtual yaitu Kepala KPKNL Medan, Kesatria Purba, kemudian acara tersebut juga dimoderatori oleh M. Rifky Santoso (Widyaiswara Ahli Madya BDK Medan), dan dipandu oleh pemandu acara yakni Adam Wira Sanjaya (Penilai Ahli Pertama KPKNL Medan).

Tujuan diselenggarakannya sharing session itu ialah untuk menggugah semangat, niat, inspirasi, dan gagasan para peserta sharing sehingga semangat dan keinginan pembelajaran tetap lestari. Hal tersebut bukan hanya baik bagi pengembangan diri untuk masa depan, namun juga menciptakan atmosfer positif bagi pengembangan kinerja organisasi.

narasi-foto: hikedanberiman

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini