Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
KPKNL Mataram Hasilkan 15.636.600 Rupiah Dari Lelang Amal Untuk Korban Bencana Di Palu, Sigi, dan Donggala
Dwi Kurniawan Supryanto
Senin, 26 November 2018   |   452 kali

Mataram - Pelaksana Harian (Plh) Kepala KPKNL Mataram, Dwi Nur Rusiyanto membuka Lelang Amal untuk para korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala (15/11).

Puluhan barang dilelang pada acara lelang amal yang diselenggarakan di Aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Mataram, Jalan Pendidikan No. 24 Mataram.

Dalam sambutannya Dwi mengatakan, selain seluruh hasil lelang disumbangkan untuk korban genpa, lelang ini juga mempunyai tujuan yang baik, yakni meningkatkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) berupa bea lelang.

Lelang amal ini merupakan bagian dari acara perayaan hari ulang tahun ke-12 Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang dihadiri oleh para perwakilan Penjual dari perbankan, diantaranya Bank Mandiri, Bank BRI Cabang Mataram, Bank BRI Cabang Praya, Bank BTN, BPR Syariah Dinar Ashri dan BPR Mitra Harmoni. Barang yang dilelang pada lelang amal ini merupakan barang tidak bergerak yang masih dalam kondisi baru, di antaranya mesin cuci, kulkas, oven, penanak nasi, televisi, sepeda, blender, kipas angin, dll.

Pelaksanaan lelang dilakukan secara konvensional yang dipimpin oleh para Pejabat Lelang Kelas I dari KPKNL Mataram. Para calon peserta lelang wajib melakukan penyetoran uang jaminan secara tunai di lokasi pelaksanaan lelang serta mengisi formulir Peserta dengan menunjukan kartu identitas. 

Lelang berlangsung meriah. Salah satu Peserta lelang, Dinda, menyatakan bahwa lelang amal ini adalah kali pertama ia mengikuti lelang konvensional. “Rasanya menegangkan. Meskipun tadi pesertanya tidak terlalu banyak, tapi bagi saya cukup menegangkan karena harus bersaing dengan peserta lain.”, katanya.

Total barang yang dijual sebanyak 25 item dan dibagi dalam 4 lot. Masing-masing barang memiliki nilai limit yang bervariasi mulai dari Rp120.000,- hingga Rp1.500.000,- . Hingga berakhirnya acara lelang, total harga barang yang berhasil terjual mencapai Rp. 15.636.600,- dari total nilai limit sebesar Rp14.010.000,-.

Selanjutnya hasil bersih dari pelaksanaan lelang ini setelah dikurangi bea lelang Penjual dan bea lelang Pembeli, seluruhnya akan didonasikan untuk para korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala.(Penulis/Foto: HI/Amin)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini