KPKNL Mataram
BERITA UTAMA
Profil KPKNL Mataram

Pada awalnya, kantor pelayanan ini bernama Kantor Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (KP2LN) Mataram yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 445/KMK.01/2001 tanggal 23 Juli 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara yang selanjutnya diubah dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 425/KMK.01/2002 serta menyewa sebuah gedung yang beralamat di Jalan Langko Nomor 11 Mataram. Pada tahun 2003 dan 2004, Kantor Pusat DJPLN melalui proyek prasarana fisik mengalokasikan dana untuk pengadaan Tanah dan pembangunan gedung Panitia Urusan Piutang Negara Cabang NTB dan KP2LN Mataram di Jalan Pendidikan No. 24 Mataram.

Dengan adanya reorganisasi di lingkungan Menteri Keuangan maka berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 131/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan, dibentuklah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai pengganti DJPLN. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instasi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dibentuklah KPKNL Mataram sebagai pengganti KP2LN Mataram.

VISI : Menjadi pengelola kekayaan negara, piutang negara dan lelang yang professional dan bertanggung jawab untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat

MISI : 1) Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran dan efektivitas pengelolaan kekayaan negara; 2) Mengamankan kekayaan negara secara fisik, administrasi dan hukum; 3) Mewujudkan nilai kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan; 4) Melaksanakan pengurusan piutang negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel; 5) Mewujudkan lelang yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif sebagai instrument jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

MOTTO : Bersama Anda Mengamankan Aset dan Keuangan Negara

JANJI : Berkomitmen Memberikan Pelayanan CERDAS (Cepat, Efektif & Efisien, Ramah, Dedikasi, Akuntabel, dan Sinergi).

Penjabaran JANJI :

1. Cepat, yaitu batas waktu pelayanan yang dilaksanakan oleh petugas KPKNL Mataram kepada pengguna jasa diselesaikan dalam waktu yang cepat sebagaimana telah ditentukan dalam Standar Operating Prosedur (SOP).

2. Efektif dan Efisien, yaitu pelayanan yang dilaksanakan oleh petugas KPKNL Mataram diberikan secara tepat sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh pengguna jasa. Adapun biaya yang timbul dari pelayanan, besarnya sesuai peraturan yang berlaku berupa Biad PPN dan Bea Lelang.

3. Ramah, yaitu sikap dan perilaku petugas KPKNL Mataram dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa secara sopan dan ramah.

4. Dedikasi, yaitu pengabdian, melakukan sesuatu pekerjaan/aktivitas dengan bersungguh-sungguh dan dengan selalu memberikan yang terbaik tanpa perlu mengeluh serta penuh loyalitas tinggi.

5. Akuntabel, yaitu produk pelayanan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

6. Sinergi, yaitu memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati semua pihak dalam menemukan dan melaksanakan solusi yang baik.


Wilayah Kerja
Kota Mataram
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Utara
Prestasi KPKNL Mataram
1. Juara 2 Lomba Kantor Pelayanan Percontohan Tingkat DJKN Tahun 2005.
2. Juara 2 Lomba Kantor Percontohan Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2006.
3. Juara 1 dalam lomba volly tingkat Perwakilan Kementerian Keuangan NTB Tahun 2005.
4. Disamping itu, KPKNL Mataram diberi kepercayaan Gubernur Provinsi NTB sebagai Anggota Tim Operasi Sadar Gizi yang membawahi wilayah kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Barat untuk penanganan masalah gizi buruk yang masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB).
Peta Lokasi KPKNL Mataram
Alamat Kantor
Jl. Pendidikan No. 24 Mataram - 83125
(0370) 622286
(0370) 631703
kpknlmataram@kemenkeu.go.id