Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Sosialisasi Lelang UMKM kepada Pelaku UMKM Kota Kotamobagu
Andhi Rifqi Mubarok
Kamis, 12 Oktober 2023   |   42 kali

Rabu (11/10), berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, KPKNL Manado melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Lelang UMKM kepada pelaku UMKM di Kota Kotamobagu. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta dan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu, Ariono Potabuga.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala KPKNL Manado, Adi Suranto yang menyampaikan bahwa peran pemerintah dalam memajukan UMKM di Indonesia menjadi salah satu prioritas utama demi kemajuan bangsa dan negara yang salah satunya masyarakat dapat menjual barang produksinya melalui lelang non eksekusi sukarela di lelang.go.id. 

"Pemerintah serius dalam memajukan UMKM di Indonesia, salah satunya melalui marketplace pemerintah yang saat ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM di seluruh Indonesia dengan lelang non eksekusi sukarela melalui lelang.go.id." ujarnya.

Disamping itu, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mengaminkan pernyataan Kepala KPKNL Manado bahwa pemerintah saat ini sangat mendukung para pelaku UMKM dalam memajukan usahanya.

"Pemerintah pusat dan daerah dalam hal ini Kota Kotamobagu sangat mengapresiasi para pelaku UMKM dalam mengembangkan produk dan penjualannya dimana pemerintah telah menyediakan platform marketplace untuk pelaku UMKM agar dapat lebih memperluas jangkauan penjualan produk hingga ke seluruh wilayah di Indonesia", tambahnya. 

Sofyan Mokoginta juga mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Manado yang telah menyediakan wadah bagi para pelaku UMKM di wilayah Kota Kotamobagu dan memberikan sosialisasi serta bimbingan teknis secara langsung dari awal pembuatan akun sampai dengan penjualan di lelang.go.id.

"Kami berterima kasih kepada KPKNL Manado yang telah menyediakan ruang bagi para pelaku UMKM di Kota Kotamobagu serta diberikan bimbingan secara langsung baik dari awal pembuatan akun sampai dengan penjualan di lelang.go.id nantinya", ujarnya.

Materi pertama yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi lelang UMKM dibawakan oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kotamobagu, Ariono Potabuga terkait Peran Pemda dalam Rangka Mendukung Pertumbuhan dan Pengembangan UMKM. Kepala KPKNL Manado, Adi Suranto juga turut memberikan materi tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Penipuan Lelang kemudian disusul dengan materi oleh Kasubbag Umum KPKNL Manado sekaligus Penyuluh Anti Korupsi di lingkungan DJKN, Saharamni Mutiasari  tentang Perubahan Pola Pikir dalam Menunjang Budaya Anti Korupsi dalam Pelayanan Masyarakat, kemudian materi terakhir dibawakan oleh para Pelelang di Lingkungan KPKNL Manado tentang Sosialisasi serta Bimbingan Teknis dalam penggunaan aplikasi lelang.go.id sebagai platform marketplace pemerintah khususnya DJKN untuk dapat dipergunakan oleh para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya agar lebih luas dan mampu mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

Para peserta dan hadirin pada sosialisasi bimbingan teknis mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias dan harapan bahwa lelang.go.id. akan membantu memperluas jangkauan penjualan produknya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini