Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Sukses Lelang Dua Gedung Sekolah Yang Akan Dibongkar, KPKNL Mamuju Wujudkan Pengelolaan BMN dan Layanan Lelang Yang Optimal
Michael Gala Bura
Selasa, 26 Maret 2024   |   17 kali

Mamuju – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju kembali laksanakan lelang barang milik negara (BMN) berupa gedung sekolah yang akan dibongkar pada dua tempat berbeda dalam kurun waktu yang bersamaan, yaitu pada Selasa (19/03/2024).

1.    Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Majene

Bertempat di Kantor Madrasah Aliyah Negeri 1 Majene, Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 32 Kabupaten Majene. Lelang yang dilaksanakan dengan metode penawaran open bidding itu dipimpin oleh Aji Prasetyo, Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama KPKNL Mamuju. Secara langsung lelang tersebut juga dihadiri oleh Yusbar, S.Pd., M.Pd Kepala Sekolah MAN 1 Majene yang dalam hal bertindak sekaligus sebagai  Pejabat Penjual.

Barang yang dijual dalam pelaksanaan lelang tersebut berupa gedung sekolah yang akan dibongkar pada MAN 1 Majene. Menurut keterangan Yusbar, gedung itu sendiri dalam kondisi rusak berat dan direncanakan akan dibangun gedung yang baru dengan menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), sehingga dapat mendukung kegiatan belajar dan mengajar dengan lebih baik.

Dalam pelaksanan lelang tersebut barang laku terjual sebesar Rp8 juta lebih, dari nilai limit sebesar Rp7 juta lebih.

Kepala MAN 1 Majene juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada KPKNL Mamuju atas pelaksanaan kegiatan lelang di MAN 1 Majene, dan ini menjadi pengalaman berharga dapat menyaksikan langsung proses lelang BMN tersebut melalui e-auction.

2.    Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1  Polewali Mandar

Di tempat terpisah, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju melalui Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama, Asmatriadi Anwar, juga  melaksanakan lelang barang milik negara (BMN) berupa gedung sekolah yang akan dibongkar pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Polewali Mandar, bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar, Jalan Raya Majene Nomor 175, Kecamatan Mappili, Kabupaten Polewali Mandar.

Lelang yang dilaksanakan dengan metode penawaran open bidding itu dihadiri oleh Suwarni, S.Sos.I selaku Pejabat Penjual, serta disaksikan pula oleh Kepala MAN 1 Polewali Mandar Budiman, S.Pd., M.Si.

Dalam pelaksanan lelang tersebut, BMN berupa gedung yang akan dibongkar tersebut laku terjual sebesar Rp17 juta lebih, dari nilai limit sebesar Rp6 juta lebih, atau laku terjual hampir 3 (tiga) kali lipat dari nilai limit yang ditetapkan. Senada dengan yang disampaikan oleh Yusbar (Kepala MAN 1 Majene), Suwarni selaku penjual serta Budiman selaku Kepala MAN 1 Polewali Mandar, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tinggi kepada KPKNL Mamuju. Selain karena hasilnya yang cukup fantastis yaitu naik 3 kali lipat dari nilai limit, kegiatan lelang yang dilaksanakan secara langsung melalui e-auction di MAN 1 Polewali Mandar ini juga menjadi pengalaman pertama yang berharga karena dapat menyaksikan langsung proses lelang BMN tersebut.

Sementara itu, seusai memimpin pelaksanaan lelang tersebut, Asmatriadi Anwar menyampaikan kegembiraannya dengan hasil lelang tersebut. Pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan layanan lelang terbaik kepada pengguna jasa lelang KPKNL Mamuju. Lebih lanjut, Asmatriadi Anwar menjelaskan bahwa mekanisme lelang, merupakan salah satu upaya Negara dalam mewujudkan pengelolaan BMN yang optimal, yaitu lelang dapat menghasilkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang maksimal walapun atas BMN yang sudah rusak atau tidak digunakan untuk menunjuang tusi sehingga perlu dilakukan penghapusan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini