Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Manuju Laksanakan Sosialisasi dan Anugerah BMN dan Lelang Award
Michael Gala Bura
Jum'at, 22 Maret 2024   |   20 kali

Mamuju – Kamis (7/3) KPKNL Mamuju sukses menyelenggarakan acara yang bertajuk Sosialisasi Barang Milik Negara dan Lelang sekaligus dirangkaikan dengan pemberian apresiasi kepada para pengguna layanan atas sinergi, kolaborasi, dan prestasi kerja selama periode tahun 2023. Acara yang dilaksanakan bertempat di Hotel Maleo ini dihadiri oleh para pimpinan dan perwakilan satuan kerja baik instansi vertikal maupun daerah lingkup Provinsi Sulawesi Barat. Beberapa pejabat yang hadir diantaranya Tjahjo Purnomo Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Barat, Marasidin Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Barat, Tina Wahyufitri Kepala BPS Provinsi Sulawesi Barat, Amujib Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Sulawesi Barat, Sitti Sutinah Suhardi Bupati Kabupaten Mamuju, Harry Bowo Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, dan Muh. Amin Jasa Wakil Bupati Mamuju Tengah.

Kepala KPKNL Mamuju, Helvita Dorojatun dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna layanan KPKNL mamuju yang hadir atas sinergi dan kolaborasi yang luar biasa selama tahun 2023. Helvita juga berharap kegiatan sosialisasi dan apresiasi ini memberikan dampak positif dalam tata kelola Barang Milik Negara/Daerah dan Lelang yang semakin baik di tahun 2024 ini.

Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat, Arif Bintarto Yuwono dalam video keynote speech menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu undangan karena tidak dapat hadir secara langsung dikarenakan adanya tugas mendesak lain yang waktu pelaksanaannya bersamaan. Arif menyampaikan gambaran umun nilai aset negara di wilayah provinsi Sulawesi Barat yang tersebar di 210 satuan kerja. Aset Negara tersebut wajib kita kelola dengan baik agar bisa digunakan dan dimanfaatkan secara optimal. Khusus di Wilayah Sulawesi Barat Total nilai PNBP yang dihasilkan dari pemanfaatan BMN dalam bentuk sewa di tahun 2023 adalah sebesar 1,26 Miliar Rupiah.

Lebih lanjut Arif menjelaskan terkait pengelolaan Barang Milik Negara dan Daerah, dimana lelang merupakan salah satu instrumen dalam pengelolaan BMN dan BMD yaitu dalam tahap penghapusan melalui pemindahtanganan dalam hal ini penjualan, yang merupakan tahap akhir dalam siklus pengelolaan BMN/BMD. Sesuai regulasi yang berlaku saat ini, secara umum penjualan BMN maupun BMD wajib dilakukan melalui lelang. Dengan intensitas pelaksanaan lelang BMN maupun BMD yang setiap tahun mengalami peningkatan, maka akan meningkatkan pula potensi penerimaan Negara maupun penerimaan daerah.

Selanjutnya diadakan serah terima BMN Eks BMN Idle yang telah ditetapkan status penggunaan kepada Bawaslu RI yang diserahkan langsung oleh Kepala KPKNL Mamuju dan Kepala Bidang Pengelolaan Kekyaan Negara sebagai perwakilan dari Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat, dan dilanjutkan dengan serah terima BMN Idle berupa tanah dari Balai Guru Penggerak Sulawesi Barat kepada KPKNL Mamuju

Acara inti berupa sosialisasi Barang Milik Negara (BMN) yang dibawakan oleh Cliff Joshua Martino Coutrier, pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Mamuju. Dalam materinya, pria yang akrab disapa Cliff ini menyampaikan urgensj pengelolaan BMN, juga mengenai bagaimana siklus pengelolaan BMN yang meliputi penggunaan, pemanfaaatan, dan pemindahtanganan, serta materi tambahan yaitu mengenai BMN Idle. Adapun sosialisasi terkait Lelang dibawakan oleh Piter selaku Pelelang Ahli Pertama KPKNL Mamuju. Piter membahas mengenai peran dan fungsi lelang dalam perekonomian nasional, apa saja jenis lelang, dan bagaimana penyelenggaraan lelang berlangsung.

Acara dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaan kepada pengguna layanan KPKNL Mamuju baik dalam pengelolaan BMN, maupun sinergi Lelang dan layanan Penilaian BMN/BMD. Terdapat 12 kategori yang diberikan oleh KPKNL Mamuju dalam penganugeran tersebut. Seluruh hadirin tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari awal hingga akhir kegiatan yang ditutup dengan acara makan siang bersama dan ramah tamah. Melalui kegiatan ini diharapkan kolaborasi dan sinergi antara KPKNL Mamuju dengan seluruh pengguna layanan terkait pengelolaan BMN, serta layanan Lelang dan Penilaian BMN/BMD dapat terjalin dengan lebih optimal.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini