Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Sukseskan Pengukuran Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK 2024, KPKNL Mamuju Lakukan Koordinasi di Majene
Michael Gala Bura
Selasa, 30 Januari 2024   |   32 kali

Majene – Dalam rangka persiapan pelaksanaan pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK), yang pada tahun ditargetkan akan dilakukan pada Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia, KPKNL Mamuju laksanakan koordinasi dengan Satuan Kerja (Satker) Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia yang berlolasi di Kabupaten Majene, yang dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 26 Januari 2024.

Kegiatan yang ditujukan untuk memastikan pelaksanaan pengukuran dilakukan dengan akurat dan akuntabel itu dilakukan oleh Eka Putra Bakhtiar A. Bong dan Cliff Joshua M.C.. Kegiatan tersebut dilakukan dengan melakukan verifikasi data dan dokumen pengukuran tingkat kesesuaian penggunaan BMN dengan SBSK pada satker Sekolah Kepolisian Negara Polda Sulawesi Barat (SPN Polda Sulbar) dan Kepolisian Resor Majene (Polres Majene). Selain itu untuk efisiensi pada kesempatan tersebut juga dilakukan pengambilan data dan dokumen dalam rangka evaluasi kinerja BMN dengan aplikasi SIMAN Portofolio Aset pada satker SPN Polda Sulbar, Polres Majene dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene.

Koordinasi dengan SPN Polda Sulbar

Pada kegiatan pertama di SPN Polda Sulbar, petugas KPKNL Mamuju mengawali dengan melakukan pertemuan koordinasi dengan Kepala SPN Polda Sulawesi Barat Kombes Pol Edy Kurniawan, beserta jajaran yang menangani pengelolaan dan penatausahaan BMN. Dalam koordinasi tersebut Eka Putra Bakhtiar A. Bong menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan kebenaran data yang diberikan sehingga menghasilkan perhitungan SBSK dan eveluasi kinerja BMN (portofolio) aset yang akurat, sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan BMN, baik oleh Pengguna Barang maupun oleh Pengelola Barang.

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Abong itu juga menyampaikan bahwa KPKNL Mamuju senantiasa berkomitmen untuk mendampingi SPN Polda Sulbar mewujudkan tata kelola BMN yang semakin baik, terutama mengingat bahwa SPN Polda Sulbar merupakan Satker yang tergolong baru.

Pada kesempatannya Kombes Pol Edy Kurniawan menyampaikan apresiasinya atas kunjungan tim KPKNL Mamuju, dan meminta jajarannya untuk mendukung penyelesaian pengukuran SBSK dan pelaksanaan evaluasi kinerja BMN (portofolio aset). Selain itu pihaknya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan KPKNL Mamuju dalam pengelolaan dan penatausahaan BMN di lingkungan SPN Polda Sulbar.

Koordinasi dengan Polres Majene

Pada kegiatan koordinasi dengan Polres Majene, Tim dari KPKNL Mamuju diterima langsung oleh Kepala Polres Majene AKBP Tony Sugadri, dengan didampingi oleh Kabag Logistik Polres Majene Kompol Thamrin Nur, dan petugas yang menangani pengelolaan dan penatausahaan BMN. Pada kesempatannya Abong menjelaskan maksud dan tujuan dilakukannya kegiatan tersebut, dan menyampaikan apresiasi atas respon Polres Majene dalam menyiapkan data awal perhitungan dengan cepat sehingga menjadi pertimbangan sehingga Polres Majene menjadi Polres pertama yang dilakukan pengukuran.

Selanjutnya dilakukan diskusi seputar pemanfaatan BMN yang terdapat di Polres Majene yaitu pemanfaatan BMN untuk Taman Kanak Kanak oleh Yayasan Bhayangkara. Menutup pertemuan tersebut Tony Sugadri mengucapkan terima kasih atas kunjungan KPKNL Mamuju dan berharap sinergi yang telah terjalin dapat dipelihara. Selain itu, Tony Sugadri juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mendukung penyelesaian tugas KPKNL Mamuju dan aktif untuk melakukan konsultasi apabila menemukan kendala seputar pengelolaan BMN di Polres Majene.

Koordinasi dengan STAIN Majene

Pada kegiatan koordinasi dengan STAIN Majene, Tim dari KPKNL Mamuju diterima oleh Sultan selaku petugas yang menangani penatausahaan BMN pada STAIN Majene. Dalam kesempatan tersebut Cliff Joshua H.C., yang akrab dipanggil Cliff, menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tim KPKNL Mamuju yaitu melakukan pengukuran portofolio aset dan meminta beberapa data yang dibutuhkan dalam rangka penghitungan tersebut.

Pada kesempatannya Sultan menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim KPKNL Mamuju, dan berkomitmen untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Lebih lanjut Sultan menyampaikan bahwa sebagai  petugas BMN yang baru, pihaknya meminta arahan dan bantuan dari KPKNL Mamuju agar dapat mewujudkan pengelolaan BMN yang baik di lingkungan STAIN Majene.

Selain kegiatan koordinasi dengan penanggung jawab Satuan Kerja/Petugas Penatausahaan BMN Satker, Tim KPKNL Mamuju juga melakukan peninjauan lapangan BMN Idle di Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar. (Abong/KPKNL Mamuju)

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini