Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Laksanakan Penggalian Potensi Lelang Secara Maraton di Polewali Mandar
Ida Kade Sukesa
Selasa, 23 Januari 2024   |   49 kali

Polewali Mandar - KPKNL Mamuju laksanakan koordinasi dan penggalian potensi lelang di wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang dilaksanakan sejak Rabu (17/1/2024) sampai dengan Jumat (19/1/2024).

Kegiatan yang bertujuan untuk menjaring masukan dalam rangka peningkatan kualitas layanan lelang dan upaya pencapaian target lelang pada tahun 2024 itu dilaksanakan Asmatriadi Anwar, dan Eka Putra Bakhtiar A. Bong.

Koordinasi dengan Kantor Badan Keuangan Kabupaten Polman

Kegiatan pertama dilaksanakan dengan Badan Keuangan Kabupaten Polman bertempat di Kantor Badan Keuangan Kabupaten Polman. Pada kesempatan tersebut petugas KPKNL diterima langsung oleh Kepala Badan Muhammad Nawir, dengan didampingi oleh Sekretaris Badan Gazali, dan Kepala Bidang Aset Nur Fadilah Sayadi.

Dalam kesempatannya Muhammad Nawir sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kedatangan tim dari KPKNL Mamuju mengingat beberapa tugas dan fungsi (tusi) dari Badan Keuangan Kab. Polman bersinggungan langsung dengan KPKNL Mamuju, sehingga pihaknya merasa perlu untuk terus berkoordinasi dan memperkuat sinergi dengan KPKNL Mamuju.

Muhammad Nawir juga menyampaikan bahwa beberapa Barang Milik Daerah (BMD) berupa kendaraan telah dilakukan penilaian oleh KPKNL Mamuju, namun untuk proses pengajuan lelang masih menunggu arahan dari Pj. Bupati yang baru. Menurutnya untuk efisiensi anggaran, pihak Pemkab. Polman berencana untuk mengajukan penilaian terlebih dahulu ke KPKNL Mamuju terhadap beberapa kendaraan dinas untuk sekaligus diajukan lelang bersamaan dengan kendaraan yang telah dinilai sebelumnya.

Selain terkait dengan layanan lelang, tim KPKNL juga berkoordinasi terkait dengan tusi KPKNL lainnya yaitu pelayanan penilaian, pengelolaan BMN dan Pengurusan Piutang Negara. Terkait dengan tusi Pengurusan Piutang Negara, pihak Pemkab. Polman sangat tertarik untuk dilakukan MoU terkait Pengurusan Piutang Daerah mengingat saldo Piutang Daerah di Laporan Keuangan Pemkab. Polman selalu menjadi temuan BPK, dan sampai saat ini belum mendapatkan solusi terkait proses penghapusan Piutang Daerah tersebut.

Sementara itu terkait pengelolaan BMD, tim KPKNL mendorong Pemkab. Polman untuk mengoptimalkan aset daerah melalui pemanfaatan aset sehingga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Polman.

Koordinasi dengan Kantor Kejaksaan Negeri Polewali Mandar

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan dengan Kejaksaan Negeri Polewali Mandar (Kejari Polman) di Kantor Kejari Polman. Pada kesempatan tersebut tim KPKNL diterima langsung oleh Kepala Kejari Polman Muh. Zulkifli Said dengan didampingi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (Kasi PB3R).

Dalam kesempatannya pihak Kejari Polman menyampaikan bahwa ada beberapa barang rampasan yang telah dilakukan penjualan langsung mengingat barang-barang tersebut memiliki nilai ekonomis yang kecil seperti Handphone dan motor yang rusak berat sehingga akan lebih efisien jika dilakukan penjualan langsung dibandingkan melalui lelang, dan hal ini dimungkinkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan bahwa terdapat barang rampasan yang potensial akan diajukan lelang ke KPKNL Mamuju, namun masih menunggu putusan incracht dari Pengadilan.

Dalam kesempatannya Asmatriadi Anwar menyampaikan bahwa KPKNL Mamuju siap melayani permohonan dari Kejari Polman baik itu permohonan penilaian, lelang maupun terkait dengan Pengelolaan BMN.

Koordinasi dengan PT Bank BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Polewali (BRI Polewali)

Kegiatan ketiga dilaksanakan dengan BRI Polewali di Kantor BRI Polewali. Pada kesempatan tersebut tim KPKNL bertemu langsung dengan Pemimpin Cabang BRI Polewali Komang Wahyu Wedastra Putra.

Pada kesempatannya Asmatriadi Anwar menyampaikan hasil evaluasi atas pelaksanaan lelang eksekusi Hak Tanggungan permohonan dari BRI Polewali selama ini. Pihaknya menyampaikan agar sinergi dapat terus ditingkatkan guna mendorong peningkatan kinerja lelang.

Pada kesempatannya pihak BRI Polewali menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas permohonan lelang dan juga pemasaran barang jaminan yang dilelang. Lebih lanjut Komang Wahyu Wedastra Putra juga menyampaikan rencana permohonan lelang jaminan fidusia, yang saat ini barang jaminannya telah dikuasai oleh pihak BRI Polewali

Koordinasi dengan Pelaku UMKM

Selain ketiga stakeholder di atas, tim dari KPKNL juga berkunjung ke beberapa pelaku UMKM di Wilayah Polman yaitu ke UMKM Coklat Macoa, Kopi Kurra dan ke tempat usaha Ibu Wahyuni dengan produk Gula Semut. Pada kesempatan tersebut Tim KPKNL menyampaikan bahwa ada banyak program pemerintah untuk memajukan UMKM salah satunya bantuan pemasaran produk UMKM melalui layanan lelang UMKM pada portal lelang.go.id. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini