Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Kakanwil DJKN Sulseltrabar Beri Pengarahan Kepada Para Pegawai KPKNL Mamuju, Arif: KPKNL Mamuju Telah Melangkah Jauh ke Depan
Ida Kade Sukesa
Selasa, 18 Juli 2023   |   42 kali

Mamuju – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar) Arif Bintarto Yuwono memberikan pengarahan kepada para pegawai KPKNL Mamuju di sela-sela kunjungan kerjanya ke Mamuju pada Kamis (13/7) bertempat di Ruang Kolaborasi KPKNL Mamuju.

Kegiatan pengarahan diawali dengan Laporan Kepala KPKNL Mamuju Helvita Dorojatun, yang meliputi profil KPKNL Mamuju, capaian kinerja, prestasi, dan program kegiatan yang telah dilakukan terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan mempersiapkan KPKNL Mamuju menyongsong masa depan. Mengawali paparannya Helvita Dorojatun menjelaskan mengenai visi KPKNL Mamuju masa depan yaitu menjadi organisasi masa depan yang dinamis dengan kearifan lokal. Helvita mengumpamakan KPKNL Mamuju seperti perahu sandeq.

Gambar 1 Visi KPKNL Mamuju Masa Depan

Sandeq adalah  perahu layar bercadik Asli dari Mandar yang merupakan alat transportasi antar pulau. Nama Sandeq berasal dari bahasa Mandar yang berarti runcing. Perahu ini sangat masyhur sebagai warisan kebudayaan bahari Masyarakat Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Bentuk unik dari Sandeq menjadikan perahu ini lebih  lincah dan cepat dari perahu tanpa mesin lainnya. Sandeq juga dapat berlayar meskipun angin menerpa dari depan, dengan menggunakan teknik berlayar zigzag (dalam bahasa Mandar disebut sebagai "Makkarakkayi"). Menurutnya, KPKNL Mamuju, layaknya perahu sandeq, adalah organisasi yang kecil, lincah, adaptif dan resilien yang mampu tetap berperan dalam kondisi apapun.

Selanjutnya, Helvita menjelaskan mengenai sumber daya manusia yang ada di KPKNL Mamuju, sarana dan prasarana yang dimiliki, wilayah kerja dan tantangan yang dihadapi termasuk kondisi rawan bencana yang dapat dilihat dari indeks risiko bencana Provinsi Sulawesi Barat sebesar 165,23, yang merupakan yang tertinggi di Indonesia. Helvita juga menjelaskan prestasi-prestasi yang diraih KPKNL Mamuju sejak dibentuk tahun 2017, seperti predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bebas dari Korupsi (ZI Menuju WBK) pada 2019, predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI Menuju WBBM) dan Barang Milik Negara (BMN) Award tingkat Kementerian Keuangan pada 2021, dan predikat Kantor Pelayanan Terbaik ke-2 Tingkat Kementerian Keuangan pada 2022. Selanjutnya, Helvita juga memberikan kesempatan kepada jajarannya untuk menyampaikan hal-hal terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Subbagian Umum KPKNL Mamuju memaparkan mengenai kinerja pengelolaan anggaran KPKNL Mamuju yang telah meraih berbagai prestasi seperti  meraih penghargaan Peringkat I sebagai Satker dengan Nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) terbaik untuk Kategori Pagu Kecil, dan Peringkat I Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Terbaik Kategori Jumlah SPM kurang dari 150, untuk pengelolaan anggaran tahun 2022. Lebih lanjut Iik menyampaikan bahwa sampai dengan Triwulan II ini capaian IKPA KPKNL Mamuju berhasil meraih angka tertinggi yaitu 100.

Selanjutnya Mudrika Jaya Rapi Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Mamuju menyampaikan paparan mengenai capaian kinerja KPKNL Mamuju dalam tiga tahun terakhir. Dalam paparannya, wanita yang biasa dipanggi Uci itu menyampaikan mengenai capaian Nilai Kinerja Organisasi yang memperlihatkan peningkatan secara gradual dalam tiga tahun terakhir. Uci juga memaparkan kinerja lelang, dan pengelolaan BMN yang memperlihatkan angka-angka yang menggembirakan.

Paparan mengenai langkah-langkah KPKNL Mamuju dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi dibawakan oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi Ida Kade Sukesa. Dalam penjelasannya Sukesa mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang diwujudkan dalam pembangunan Zona Integritas, KPKNL Mamuju yang telah meraih predikat ZI Menuju WBBM pada tahun 2021. Tahun ini KPKNL Mamuju mengikuti evaluasi keberlanjutan ZI Menuju WBBM.

Gambar 2 Reformasi Birokrasi Tematik KPKNL Mamuju

Dalam pelaksanaan keberlanjutan ZI Menuju WBBM itu KPKNL Mamuju melaksanakan program kegiatan yang inline dengan Reformasi Birokrasi tematik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu digitalisasi administrasi pemerintahan dengan melakukan berbagai inovasi, penggunaan produk dalam dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa, dukungan peningkatan investasi dengan program-program pemanfaatan BMN, dan dukungan pengentasan kemiskinan dengan program-program yang menyentuh sektor usaha ultra mikro, mikro, dan kecil (UMMK).

Sukesa juga memaparkan mengenai langkah-langkah KPKNL Mamuju untuk mewujudkan pengelolaan BMN masa depan seperti keterlibatan pengelolaan BMN dalam pemberdayaan sektor UMMK, penguatan fungsi KPKNL sebagai akumulator dan alokator, pengelolaan aset idle, penguatan pengawasan dengan melibatkan stakeholder dan masyarakat umum untuk ikut mengawasi penggunaan BMN, penguatan fungsi-fungsi advisory dengan program edukasi pengelolaan BMN tematik melalui program serial artikel dengan tujuan untuk menjadikan KPKNL sebagai sumber yang kredibel dalam menjawab permasalahan dalam pengelolaan BMN. Selain itu KPKNL Mamuju juga melakukan penguatan sinergi penertiban pengelolaan BMN, menjadikan aset sebagai media menarik investasi, dan pengelolaan BMN di masa bencana termasuk di dalamnya penyelesaian asuransi BMN.

Lebih lanjut Sukesa juga memaparkan mengenai peran KPKNL dalam mendukung terwujudnya akuntabilitas pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) oleh Pemerintah Daerah di wilayah Sulawesi Barat, yang diwujutkan dalam tiga bentuk, yakni penilaian BMD, lelang BMD, dan edukasi terkait pengelolaan BMD secara langsung maupun melalui serial artikel.

Selanjutnya, Sukesa menyampaikan bahwa untuk mewujudkan media yang dikelola KPKNL seperti website menjadi media edukasi dalam pengelolaan BMN, Reformasi Birokrasi, dan Data Driven Organization, dan selanjutnya menjadikannya sebagai sumber informasi yang kredibel dalam pengelolaan BMN, Reformasi Birokrasi dan Data Driven Organization, KPKNL Mamuju membuat serial artikel dengan tiga tema tersebut. Menurut Sukesa sampai saat ini telah diterbitkan dua puluh artikel. Terkait dengan penerbitan-penerbitan artikel tersebut satu artikel telah dimasukkan sebagai artikel dalam majalah Media KN, dan satu artikel telah dikutip oleh seorang peneliti dalam jurnal akademik.

Gambar 3 Program Serial Artikel KPKNL Mamuju

Selanjutnya, terkait dengan paparan KPKNL Mamuju, dalam arahannya Kakanwil DJKN Sulseltrabar Arif Bintarto Yuwono menyampaikan apresiasi atas prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih KPKNL Mamuju. Dalam Reformasi Birokrasi, menurut Arif KPKNL Mamuju telah melangkah jauh ke depan dengan program-program yang sejalan dengan Reformasi Birokrasi tematik. Arif juga berpesan kepada seluruh pegawai KPKNL Mamuju agar tidak perlu malu untuk memulai hal-hal baik. Lebih lanjut Arif meminta seluruh pegawai untuk Mengutamakan fungsi layanan pada pemangku kepentingan dengan memberikan layanan prima, meresapi nilai nilai Kementerian Keuangan sehingga dapat menjaga nama baik organisasi, serta yang tidak kalah penting adalah mempertahankan prestasi yang telah diraih. Menurutnya mempertahankan lebih berat daripada mendapatkan prestasi itu. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini