Mamuju – Kepala Kantor
Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil
DJKN Sulseltrabar) Arif Bintarto Yuwono
memberikan pengarahan kepada para pegawai KPKNL Mamuju di sela-sela kunjungan kerjanya ke Mamuju pada Kamis
(13/7) bertempat di Ruang Kolaborasi KPKNL Mamuju.
Kegiatan pengarahan diawali
dengan Laporan Kepala KPKNL Mamuju Helvita Dorojatun, yang
meliputi profil KPKNL Mamuju, capaian kinerja, prestasi, dan program kegiatan yang telah
dilakukan terkait dengan pelaksanaan Reformasi
Birokrasi dan mempersiapkan KPKNL Mamuju menyongsong masa depan. Mengawali
paparannya Helvita Dorojatun menjelaskan mengenai visi KPKNL Mamuju masa depan
yaitu menjadi organisasi masa depan yang dinamis dengan kearifan lokal. Helvita
mengumpamakan KPKNL Mamuju seperti perahu sandeq.
Gambar 1 Visi KPKNL Mamuju Masa Depan
Sandeq adalah
perahu layar bercadik Asli dari Mandar yang merupakan alat
transportasi antar pulau. Nama Sandeq berasal dari bahasa Mandar yang berarti
runcing. Perahu ini sangat masyhur sebagai warisan kebudayaan bahari Masyarakat
Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Bentuk unik dari Sandeq
menjadikan perahu ini lebih lincah dan
cepat dari perahu tanpa mesin lainnya. Sandeq juga dapat berlayar meskipun
angin menerpa dari depan, dengan menggunakan teknik berlayar zigzag (dalam
bahasa Mandar disebut sebagai "Makkarakkayi"). Menurutnya, KPKNL
Mamuju, layaknya perahu sandeq,
adalah organisasi yang kecil, lincah,
adaptif dan resilien yang mampu tetap berperan dalam kondisi apapun.
Selanjutnya,
Helvita menjelaskan mengenai sumber daya manusia yang ada di KPKNL Mamuju,
sarana dan prasarana yang dimiliki, wilayah kerja dan tantangan yang dihadapi
termasuk kondisi rawan bencana yang dapat dilihat dari indeks risiko bencana Provinsi
Sulawesi Barat sebesar 165,23, yang merupakan yang tertinggi di Indonesia. Helvita
juga menjelaskan prestasi-prestasi yang diraih KPKNL Mamuju sejak dibentuk
tahun 2017, seperti predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bebas
dari Korupsi (ZI Menuju WBK) pada 2019, predikat Zona Integritas Menuju Wilayah
Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI Menuju WBBM) dan Barang Milik Negara (BMN)
Award tingkat Kementerian Keuangan pada 2021, dan predikat Kantor Pelayanan Terbaik
ke-2 Tingkat Kementerian Keuangan pada 2022. Selanjutnya, Helvita juga memberikan kesempatan kepada
jajarannya untuk menyampaikan hal-hal terkait dengan pelaksanaan tugas dan
fungsi masing-masing.
Pada Kesempatan tersebut
Kepala Subbagian Umum KPKNL Mamuju memaparkan mengenai kinerja pengelolaan
anggaran KPKNL Mamuju yang telah meraih berbagai prestasi seperti meraih penghargaan Peringkat I sebagai Satker
dengan Nilai Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) terbaik untuk Kategori
Pagu Kecil, dan Peringkat I Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar
(PPSPM) Terbaik Kategori Jumlah SPM kurang dari 150, untuk
pengelolaan anggaran tahun 2022. Lebih lanjut
Iik menyampaikan bahwa sampai dengan Triwulan II ini capaian IKPA KPKNL Mamuju berhasil
meraih angka tertinggi yaitu 100.
Selanjutnya Mudrika Jaya
Rapi Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Mamuju menyampaikan paparan mengenai
capaian kinerja KPKNL Mamuju dalam tiga tahun terakhir. Dalam paparannya, wanita yang biasa dipanggi Uci itu
menyampaikan mengenai capaian Nilai Kinerja Organisasi yang memperlihatkan peningkatan secara gradual dalam tiga tahun terakhir. Uci juga memaparkan kinerja
lelang, dan pengelolaan BMN yang memperlihatkan angka-angka yang menggembirakan.
Paparan mengenai
langkah-langkah KPKNL Mamuju dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi dibawakan oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi Ida Kade Sukesa. Dalam penjelasannya
Sukesa mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang diwujudkan
dalam pembangunan Zona Integritas, KPKNL Mamuju yang telah meraih predikat ZI
Menuju WBBM pada tahun 2021. Tahun ini KPKNL Mamuju mengikuti evaluasi
keberlanjutan ZI Menuju WBBM.
Gambar 2 Reformasi Birokrasi Tematik KPKNL Mamuju
Dalam pelaksanaan keberlanjutan ZI Menuju WBBM itu KPKNL Mamuju
melaksanakan program kegiatan yang inline
dengan Reformasi Birokrasi tematik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu digitalisasi administrasi pemerintahan
dengan melakukan berbagai inovasi, penggunaan produk dalam dalam negeri dalam
pengadaan barang dan jasa, dukungan peningkatan investasi dengan
program-program pemanfaatan BMN, dan dukungan pengentasan kemiskinan dengan
program-program yang menyentuh sektor usaha ultra mikro, mikro, dan kecil
(UMMK).
Sukesa juga memaparkan mengenai langkah-langkah KPKNL Mamuju
untuk mewujudkan pengelolaan BMN masa depan seperti keterlibatan pengelolaan
BMN dalam pemberdayaan sektor UMMK, penguatan fungsi KPKNL sebagai akumulator
dan alokator, pengelolaan aset idle, penguatan pengawasan dengan
melibatkan stakeholder dan masyarakat umum untuk ikut mengawasi penggunaan BMN,
penguatan fungsi-fungsi advisory
dengan program edukasi pengelolaan BMN tematik melalui program serial artikel
dengan tujuan untuk menjadikan KPKNL sebagai sumber yang kredibel dalam menjawab
permasalahan dalam pengelolaan BMN. Selain itu KPKNL Mamuju juga melakukan penguatan
sinergi penertiban pengelolaan BMN, menjadikan aset sebagai media menarik
investasi, dan pengelolaan BMN di masa bencana termasuk di dalamnya
penyelesaian asuransi BMN.
Lebih lanjut Sukesa juga memaparkan mengenai peran KPKNL
dalam mendukung terwujudnya akuntabilitas pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD)
oleh Pemerintah Daerah di wilayah Sulawesi Barat, yang diwujutkan dalam tiga
bentuk, yakni penilaian BMD, lelang BMD, dan edukasi terkait pengelolaan BMD
secara langsung maupun melalui serial artikel.
Selanjutnya, Sukesa menyampaikan bahwa untuk mewujudkan media
yang dikelola KPKNL seperti website menjadi media edukasi dalam pengelolaan
BMN, Reformasi Birokrasi, dan Data Driven Organization, dan selanjutnya
menjadikannya sebagai sumber informasi yang kredibel dalam pengelolaan BMN, Reformasi
Birokrasi dan Data Driven Organization, KPKNL Mamuju membuat serial artikel dengan
tiga tema tersebut. Menurut Sukesa sampai saat ini telah diterbitkan dua puluh
artikel. Terkait dengan penerbitan-penerbitan artikel tersebut satu artikel
telah dimasukkan sebagai artikel dalam majalah Media KN, dan satu artikel telah
dikutip oleh seorang peneliti dalam jurnal akademik.
Gambar 3 Program Serial Artikel KPKNL Mamuju
Selanjutnya, terkait
dengan paparan KPKNL Mamuju, dalam arahannya Kakanwil
DJKN Sulseltrabar Arif Bintarto Yuwono menyampaikan
apresiasi atas prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih KPKNL Mamuju. Dalam
Reformasi Birokrasi, menurut Arif KPKNL Mamuju telah
melangkah jauh ke depan dengan program-program yang sejalan dengan Reformasi Birokrasi tematik. Arif juga berpesan
kepada seluruh pegawai KPKNL Mamuju agar tidak perlu malu untuk memulai hal-hal baik. Lebih lanjut Arif meminta seluruh pegawai untuk Mengutamakan
fungsi layanan pada pemangku kepentingan dengan memberikan layanan prima,
meresapi nilai nilai Kementerian Keuangan sehingga dapat menjaga nama baik organisasi,
serta yang tidak kalah penting adalah mempertahankan prestasi yang telah
diraih. Menurutnya mempertahankan lebih berat daripada mendapatkan prestasi
itu. (IKS/KPKNL Mamuju)