Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Setujui Pinjam Pakai BMN ke Pemprov Sulbar, Helvita: Ini Bentuk Dukungan Kementerian Keuangan pada Pengembangan SDM di Sulbar
Ida Kade Sukesa
Kamis, 06 Juli 2023   |   71 kali

Majene – Kepala KPKNL Mamuju menyaksikan serah terima barang milik negara (BMN) berupa bangunan pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam hal ini Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat (BPMP Sulbar) yang dipinjampakaikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar, yang dilaksanakan di Kantor BPMP Sulbar, yang berlokasi di Majene, pada Selasa (4/7).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas persetujuan pinjam pakai yang telah diterbitkan sebelumnya oleh KPKNL Mamuju pada Selasa (20/6), yaitu persetujuan atas pinjam pakai BMN kepada Pemprov Sulbar atas empat unit bangunan berupa bangunan kantor, bangunan gedung laboratorium, mess, dan asrama, yang nantinya dipergunakan untuk pelaksanaan tugas dan fungsi Pemprov Sulbar di bidang pendidikan.

Sebelum penandatanganan perjanjian pinjam pakai, kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar Dr. Mithhar. Dalam sambutannya Mithhar menceritakan mengenai latar belakang terpilihnya Kabupaten Majene menjadi Kota Pendidikan bagi Provinsi Sulawesi Barat. Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan yang baru menjabat sejak bulan Mei lalu tersebut menyampaikan visi untuk membangun sekolah unggulan berbasis boarding school, yang selanjutnya konsep sekolah unggulan tersebut akan dikembangkan ke sekolah-sekolah lainnya sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia (SDM) di seluruh Provinsi Sulbar.

Lebih lanjut, Mithhar menyampaikan bahwa saat ini pembangunan fasilitas pendidikan untuk SMAN 3 Majene belum dapat memenuhi kebutuhan fasilitas untuk kegiatan belajar mengajar pada tahun ajaran baru, sehingga Dinas Pendidikan Provinsi kemudian menghubungi BPMP untuk dapat memakai fasilitas BMN dengan skema pinjam pakai. Sebagai penutup, Mithhar mewakili Pemprov Sulbar menyampaikan terima kasih kepada BPMP dan KPKNL Mamuju atas persetujuan pinjam pakai fasilitas dimaksud.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala BPMP Provinsi Sulbar Dr. Haksan Darwangsa, M.Si.. Dalam paparannya Haksan menyampaikan bahwa ini merupakan sejarah baru dimana BPMP meminjamkan fasilitas berupa empat unit bangunan untuk pengembangan sekolah unggulan SMAN 3 Majene. Selanjutnya Kepala BPMP menyampaikan beberapa fasilitas yang telah mendapat persetujuan pemanfaatan BMN oleh KPKNL Mamuju. Lebih lanjut Haksan menyampaikan terima kasih atas layanan yang sangat cepat dan responsif dari KPKNL Mamuju dalam memberikan persetujuan pinjam pakai sebelum kegiatan belajar mengajar pada SMAN 3 Majene dimulai yaitu pada tanggal 7 Juli 2023. Di akhir paparannya Haksan menyampaikan komitmennya untuk selalu melaksanaan pengelolaan BMN secara akuntabel.

Sementara itu, pada kesempatannya Kepala KPKNL Mamuju Helvita Dorojatun menyampaikan bahwa persetujuan pinjam pakai atas empat unit bangunan pada BPMP Sulbar kepada Pemprov Sulbar merupakan wujud nyata dukungan Kementerian Keuangan terhadap Pemprov Sulbar terutama dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di wilayah tersebut. Selanjutnya, pria yang akrab dipanggil Helvit tersebut  menyampaikan bahwa persetujuan pinjam pakai tersebut telah melalui tahapan verifikasi yang cermat, dan dilakukan lebih cepat dari norma waktu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memberikan persetujuan pengelolaan BMN.

Lebih lanjut, Helvit menyampaikan bahwa penggunaan Aset BMN tersebut akan memberikan manfaat berupa social benefit bagi pembangunan SDM di Sulbar, dan cost saving Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Selanjutnya Helvit menekankan bahwa dengan telah diserahterimakan aset tersebut dalam bentuk pinjam pakai selama tiga tahun, maka beban pemeliharaan selanjutnya akan menjadi kewajiban peminjam pakai, dan BMN tersebut harus digunakan sesuai dengan peruntukan dalam pinjam pakai. Sebagai penutup Helvit menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala BPMP Sulbar Haksan Darwangsa beserta jajarannya atas perhatian selama ini terhadap pemanfaatan BMN sesuai peraturan sehingga dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak. (IKS/KPKNL Mamuju)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini