Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Lelang 117 Kendaraan Dinas Pemkab. Pasangkayu, Piter: 107 Kendaraan Laku Terjual, dan Harga Lebih Tinggi 69 Persen dari Limit
Ida Kade Sukesa
Senin, 19 Juni 2023   |   281 kali

Pasangkayu – KPKNL Mamuju laksanakan lelang barang milik daerah (BMD) berupa 117 unit kendaraan dinas yang terdiri dari 14 unit kendaraan roda empat, 84 unit kendaraan roda dua, dan 2 paket kendaraan yang dijual sebagai besi tua yaitu 1 paket yang terdiri dari 18 unit kendaraan dan 1 paket lainnya yang terdiri dari 2 unit kendaraan. Kegiatan pelaksanaan lelang tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada Rabu (14/6), dan Kamis (15/6), berlokasi di ruang pertemuan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pasangkayu.

Pelaksanaan lelang, yang dilaksanakan dengan metode lelang online dengan sistem penawaran closed bidding itu, dipimpin oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama KPKNL Mamuju, Piter, yang dihadiri langsung oleh Kepala BPKAD Kabupaten Pasangkayu Mahyuddin. Dalam lelang tersebut yang bertindak sebagai Pejabat Penjual adalah Yusri, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Aset BPKAD Kabupaten Pasangkayu.

Dalam lelang tersebut, 107 unit kendaraan yang terdiri dari 13 unit kendaraan roda empat, 75 unit kendaraan roda dua, dan 19 unit kendaraan yang dijual sebagai besi tua dalam 2 paket, laku terjual dengan total nilai mencapai lebih dari Rp561 Juta, dari total nilai limit lebih dari Rp331 Juta, atau dengan kenaikan 69 persen dari nilai limit. Sementara itu 9 unit kendaraan roda dua dan 1 unit kendaraan roda empat lainnya tidak laku terjual karena tidak ada penawaran.

Dalam kesempatanya, Yusri menyambut gembira hasil pelaksanaan lelang tersebut. Menurutnya, proses lelang yang akuntabel dan transparan sangat membantu Pemerintah Kabupaten Pasangkayu dalam mewujudkan tertib pengelolaan BMD dan memaksimalkan pendapatan daerah. “Bahkan dengan hasil lelang ini kami sudah dapat melampaui target pendapatan tahunan kami,” ujarnya dengan gembira.

Dalam kesempatan terpisah, Piter menyampaikan bahwa lelang BMD kali ini merupakan bagian dari sinergi antara Pemerintah Kabupaten Pasangkayu dan KPKNL Mamuju dalam mewujudkan tata kelola BMD yang akuntabel. “Dengan penjualan melalui lelang yang dilaksanakan secara online, dapat menghindarkan pengelola barang daerah dari risiko-risiko adanya fraud,” tandasnya.

Lebih lanjut, Piter menjelaskan bahwa harga yang terbentuk juga optimal yaitu dengan kenaikan mencapai 69 persen dari harga limit. Hal ini sangat positif bagi penerimaan daerah dan juga memperkuat branding lelang sebagai mekanisme jual beli yang akuntabel dan tranparan. Menurut Piter, terbentuknya harga yang optimal, dapat terjadi karena lelang yang dilakukan secara online diumumkan bukan hanya melalui selebaran atau surat kabar secara lokal, namun juga melalui situs lelang.go.id, yang dapat diakses dari mana saja. “Lelang kali ini pesertanya berjumlah 332 peserta, bahkan terdapat peserta dari Bali, Sumatra, dan Jawa” tandasnya. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini