Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
KPKNL Mamuju Sosialisasikan Lelang HT Ke PIC Lelang Bank Sulselbar, Uci: Bantu Kami Ciptakan Layanan Bersih dan Berkualitas
Ida Kade Sukesa
Jum'at, 19 Mei 2023   |   116 kali

KPKNL Mamuju laksanakan sosialisasi lelang eksekusi hak tanggungan (lelang HT) kepada para pegawai Bank Sulselbar di wilayah Provinsi Sulawesi Barat, yang dilaksanakan pada Rabu (17/5), di Aula Hotel Grand Putra di bilangan Jalan Emmy Saelan, Mamuju.

Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman para peserta dalam menyiapkan permohonan lelang HT itu dihadiri oleh Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Mamuju, Amri Mahmud, Tim dari Kantor Pusat Bank Sulselbar di Makassar yang diketuai oleh Herlina Dachlan Gani, dan para perwakilan dari delapan cabang Bank Sulselbar di Provinsi Sulawesi Barat sebagai peserta.

Kegiatan Sosialisasi dibuka oleh Herlina Dachlan Gani, yang merupakan analis madya unit penyelamatan dan penyelesaian kredit Bank Sulselbar. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Amri Mahmud. Dalam sambutannya Amri Mahmud menyampaikan harapannya agar para peserta dapat menggunakan waktu sebaik mungkin untuk menggali hal-hal terkait penyelenggaraan lelang HT, sehingga seluruh peserta dapat lebih memahami berkas persyaratannya, yang pada gilirannya dapat memperlancar pelaksanaan lelangnya.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan materi dari para narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Mudrika Jaya Rapi, Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Mamuju. Dalam paparannya wanita yang biasa disapa Uci itu menyampaikan hal-hal penting dalam pelaksanaan lelang HT. Menurutnya lelang HT merupakan jenis lelang yang frekuensinya sangat tinggi di KPKNL.

Lebih lanjut wanita yang dikenal tegas dalam menegakkan integritas itu menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan pelaksanaan lelang, kepada person in charge (PIC) lelang diharapkan agar menerapkan prinsip kehati-hatian, termasuk ketelitan dalam memastikan akurasi data, sehingga dapat menjamin kepastian hukum dan akuntabilitas pelaksanaan lelang berikut hasil lelangnya.

Uci selanjutnya menekankan bahwa DJKN/KPKNL Mamuju selalu berkomitmen dalam meningkatkan kualitas layanan. Menurut Uci, Peraturan Menteri Keuangan mengenai lelang pada prinsipnya merupakan rumusan janji layanan DJKN untuk mewujudkan lelang yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, sederhana, modern, dan menjamin kepastian hukum. Lebih lanjut Uci menjelaskan mengenai penanganan benturan kepentingan dan pelayanan lelang yang berintegritas oleh KPKNL Mamuju. Uci menegaskan pentingnya dukungan stakeholder dalam membantu KPKNL Mamuju mewujudkan layanan yang bersih, bebas dari prilaku menyimpang. “Bantu kami ciptakan layanan lelang yang bersih dan berkualitas,” tandasnya.

Selanjutnya setelah paparan dari narasumber pertama, dilanjutkan dengan paparan dari narasumber kedua yaitu M. Muhajir Sutisna Manguluang, yang menjelaskan secara detail teknis permohonan lelang secara online. Muhajir juga melakukan simulasi yang meliputi cara pembuatan akun pribadi, akun organisasi, dan tata cara mengajukan permohonan lelang online. 

Sosialisasi yang dilaksanakan ini disambut hangat oleh para peserta, ini terlihat dari antusiasme untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber dan menyampaikan permasalahan-permasalahan yang ditemui antara lain mengenai penyampaian surat peringatan karena debitur tidak diketahui keberadaannya, penetapan harga limit, dan pemberitahuan lelang kepada debitur.

Acara sosialisasi diakhiri dengan penutupan oleh Herlina. Dalam penutupannya Herlina mengharapkan agar para peserta dapat memahami alur permohonan lelang, serta memeriksa dan mencermati terlebih dahulu dokumen persyaratan lelang sebelum dimohonkan lelang, dan menjalin komunikasi yang intens dengan pihak KPKNL Mamuju karena hal ini merupakan hal baru bagi Bank Sulselbar. (MJR/IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini