Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Lelang Bongkaran GKN Mamuju, Helvita: Lelang memastikan akuntabilitas proses penghapusan BMN melalui penjualan
Ida Kade Sukesa
Rabu, 28 Desember 2022   |   125 kali

Mamuju Sebagai bagian dari kegiatan penghapusan BMN berupa Gedung Keuangan Negara (GKN) Mamuju yang terdapat gempa Mamuju 15 Januari 2021, KPKNL Mamuju laksanakan lelang terhadap bongkaran bangunan GKN dan bongkaran bak penampungan pada Selasa (27/12).

Pelaksanaan lelang yang dilaksanakan secara online melalui laman lelang.go.id itu dilaksanakan di KPKNL Mamuju dengan dipimpin oleh Pejabat Fungsional Pelelang Muda KPKNL Mamuju, Syarifuddin. Pelaksanaan lelang tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Penjual dari Satuan Kerja GKN Mamuju, Sumarno, yang juga merupakan Kepala Sekretariat GKN Mamuju. Pada pelaksanaan lelang tersebut bongkaran bangunan GKN laku terjual sebesar Rp2.565.555.000 dan Bak Penampungan sebesar Rp3.070.000.

Sumarno pada kesempatannya menyampaikan bahwa dengan penghapusan dan penjualan bongkaran bangunan GKN Mamuju ini maka tugas Kuasa Pengguna Barang atas penghapusan telah diselesaikan. Selanjutnya, Sumarno berharap agar pembeli segera melunasi pembayaran hasil lelang tersebut sehingga proses pembongkaran bisa segera diselesaikan.

Pembeli sendiri diberikan waktu paling lama satu bulan sejak penetapan pemenang untuk melakukan pembongkaran dan diharapkan pembongkaran selesai dalam waktu paling lama tiga bulan. Menurut Samarno penghapusan GKN Mamuju sangat mempengaruhi rencana pembangunan GKN baru yang direncanakan akan dibangun di lokasi GKN yang dilelang saat ini.

Helvita Dorojatun Kepala, KPKNL Mamuju, menyampaikan bahwa Lelang Bongkaran Gedung Keuangan Negara ini merupakan wujud profesionalisme DJKN dalam memberikan narasi terbaik dalam  Pengelolaan Kekayaan Negara pada aset Kementerian Keuangan terdampak Gempa. KPKNL Mamuju dalam proses penghapusan GKN Sulawesi Barat telah memberikan layanan penuh berupa asistensi penghapusan BMN, penilaian bongkaran, dan penjualan melalui Lelang.

Menurut Helvita penjualan melalui lelang dapat berkontribusi positif pada penerimaan negara bukan pajak, dan di saat yang sama memastikan akuntabilitas proses penjualan/penghapusan BMN. (IKS/KPKNL Mamuju)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini