Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Dukung Pengembangan UMKM, KPKNL Mamuju Sosialisasikan Lelang Sebagai Intrumen Jual Beli Produk UMKM
Ida Kade Sukesa
Kamis, 15 Desember 2022   |   70 kali

Mamuju – Dalam rangka melindungi eksistensi dan mendukung UMKM agar tetap dapat memberikan kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), KPP Pratama Mamuju mengadakan pembinaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Lingkungan KPP Pratama Mamuju dalam bentuk kegiatan “Business Development Services (BDS)”, yang dilaksanakan pada Rabu (14/12).

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Kopi Kulo Mamuju, Jalan Jenderal Sudirman No. 38, Simboro, Mamuju itu menghadirkan dua pembicara yaitu dari KPKNL Mamuju yang diwakili oleh Mudrika Jaya Rapi, dan dari Bank BNI Cabang Mamuju.

Dalam paparannya Mudrika Jaya Rapi menyampaikan beberapa hal seperti pelaksanaan lelang oleh KPKNL Mamuju, keunggulan lelang, peran lelang dalam perekonomian nasional, pemberdayaan UMKM melalui lelang, lelang produk UMKM yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Mamuju, dan tata cara mendaftar sebagai penjual dalam website lelang.go.id.

Mengenai pelaksanaan lelang di KPKNL Mamuju, Mudrika menyampaikan bahwa setiap pelaksanaan lelang harus dilakukan oleh dan/atau di hadapan Pejabat Lelang kecuali ditentukan lain oleh Undang-Undang/Peraturan Pemerintah. Selain itu juga disampaikan hak dan kewajiban penjual dan pembeli lelang.

Selanjutnya, terkait dengan realisasi lelang UMKM yang sudah dilaksanakan oleh KPKNL Mamuju, Mudrika menyampaikan bahwa terdapat tujuh pelaku UMKM yang telah mengajukan permohonan lelang di KPKNL Mamuju yaitu UMKM yang menjual produk-produk seperti kopi robusta bubuk Mamasa, kain tenun Sekomandi, sabun Bidara, pangan khas Mamuju, dompet motif kain Sekomandi, pulpen Sandeq, gantungan kunci, dan bawang goreng, serta berbagai macam makanan ringan.

Pada bagian terakhir paparannya, Mudrika Jaya Rapi mengajak para pelaku UMKM binaan Bank BNI yang hadir untuk mengajukan permohonan lelang ke KPKNL Mamuju, dan disambut antusias oleh pelaku UMKM, yang terlihat dari banyaknya pertanyaan terkait dengan proses/ mekanisme lelang produk-produk UMKM. (IKS/KPKNL Mamuju) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini