Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mamuju > Berita
Tingkatkan Kualitas SDM, KPKNL Mamuju Dorong Pegawai Untuk Ikut Manajemen Talenta Beasiswa
Ida Kade Sukesa
Kamis, 29 Juli 2021   |   136 kali

Dalam rangka implementasi manajemen perubahan di KPKNL Mamuju sekaligus untuk mewujudkan pegawai KPKNL Mamuju yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang luas, KPKNL Mamuju secara rutin melaksanakan kegiatan knowledge sharing secara daring yang diberi nama Kamis Berbagi.

Pada kesempatan Kamis Berbagi tanggal 29 Juli 2021, tema yang diangkat adalah tentang program Manajemen Talenta Beasiswa (MTB) DJKN, dengan narasumber Diana Nurita Sari, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Mamuju.

Dalam paparannya, perempuan yang akrab dianggil Diana itu menyampaikan beberapa hal terkait dengan program MTB DJKN. Pertama, program MTB merupakan bagian dari program pengembangan pegawai di DJKN yang dilaksanakan untuk mewujudkan program SDM unggul DJKN Maju. Program MTB ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, seperti rencana strategis Kementerian Keuangan dan DJKN, prioritas pembangunan presiden RI 2019-2024 yang meliputi pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, serta dalam rangka menyiapkan pegawai DJKN sebagai distinguish asset manager.

Selanjutnya, Diana menjelaskan bahwa jenis Beasiswa di Kementerian Keuangan dibagi menjadi tiga. Pertama, beasiswa ministrial yaitu beasiswa yang sepenuhnya dikelola dan dibiayai oleh Kementerian Keuangan c.q. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan c.q. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM). Kedua, beasiswa institusional yaitu beasiswa yang dikelola pengelola beasiswa (PPSDM) dan dibiayai penyedia beasiswa, seperti AAS, LPDP, Chevening, dan Fullbright. Ketiga, beasiswa mandiri yaitu beasiswa yang ditawarkan institusi penyedia beasiswa, namun belum/tidak dikelola PPSDM sehingga tidak ditawarkan oleh PPSDM, seperti NZ Asean dan Erasmus Mundus.

Lebih lanjut, ibu tiga anak itu menerangkan bahwa ketentuan di DJKN saat ini, setiap pegawai yang hendak melanjutkan pendidikan jenjang S2 dan S3 melalui program tugas belajar/beasiswa diharuskan untuk mengikuti program MTB terlebih dahulu. Keunggulan dari mengikuti program MTB ini menurutnya adalah pegawai disiapkan untuk memenuhi kriteria sebagai penerima beasiswa melalui program-program seperti sharing session dari alumni, IELTS preparation course, penulisan akedemik termasuk teknik pembuatan statement of purpose, mentoring dari awardee atau alumni tugas belajar yang disesuaikan dengan jurusan atau kampus yang ingin dituju, serta adanya kegiatan simulasi interview.

Sebagai penutup, Diana mengharapkan seluruh pegawai KPKNL Mamuju, khususnya yang masih berusia muda, untuk menjadi pribadi pembelajar yang senantiasa berusaha mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensinya. Diana juga meminta kepada para pegawai agar tidak lekas berpuas diri dengan apa yang sudah dimiliki sekarang, harus selalu memiliki semangat belajar tanpa batas. Dia pun berpesan, pegawai DJKN di manapun berada hendaknya minimal memiliki latar belakang pendidikan DIV/S1.

Di akhir acara, Ida Kade Sukesa yang merupakan alumni program beasiswa ministrial FETA (PPSDM) menyampaikan dua hal yang perlu diingat oleh para pegawai yang potensial untuk mengikuti seleksi beasiswa. Pertama, jangan pernah takut gagal. Berdasarkan pengalaman yang ditemuinya, sebagian besar awardee FETA juga pernah mengalami kegagalan berkali-kali, bahkan ada yang sampai enam kali gagal baru berhasil mendapatkan beasiswa pada kesempatan berikutnya. Kegagalan yang berulang justru membuat pegawai dimaksud menjadi benar-benar siap ketika sudah berhasil menjadi penerima beasiswa. Kedua, tingkatkan kualitas diri secara persisten. Sebagai contoh, pegawai yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dapat menciptakan lingkungan berbahasa Inggris dalam kegiatan kesehariannya, seperti mengakses berita, menonton film, mengikuti seminar atau diskusi berbahasa Inggris tanpa bergantung pada subtitle bahasa Indonesia. (IKS/KPKNL Mamuju)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini