Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Kemenkeu Satu Malang Raya Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan
Neni Puji Artanti
Kamis, 03 November 2022   |   77 kali

Perlahan namun pasti, kegiatan masyarakat telah kembali seperti semula sebelum pandemi COVID-19. Kembali normalnya kegiatan masyarakat tak lepas dari rangkaian upaya pemerintah dalam melakukan vaksinasi, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan disiplin seluruh masyarakat dalam menjalankan berbagai kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Kembali normalnya kegiatan masyarakat juga tercermin pada Perayaan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-76 di Malang Raya oleh seluruh unit vertikal Kementerian Keuangan.

Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) diperingati setiap Tanggal 30 Oktober, tepatnya 30 Oktober 1946 ketika Oeang Republik Indonesia (ORI) pertama kali beredar sebagai salah satu penanda kedaulatan Negara Indonesia sebagai negara yang merdeka. Perayaan HORI selalu dilaksanakan setiap tahunnya oleh seluruh insan Kementerian Keuangan. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HORI dan meningkatkan kekompakan pegawai Kementerian Keuangan. Perayaan yang berbeda dilakukan pada Tahun 2020 dan Tahun 2021 terkait dengan pembatasan interaksi fisik guna mencegah penularan COVID-19 sehingga peringatan HORI dilakukan jarak jauh meski tidak mengurangi kemeriahan. Seiring dengan penurunan fatalitas COVID-19 dan kembalinya kegiatan masyarakat seperti semula, perayaan HORI ke-76 Tahun 2022 kembali dilakukan secara tatap muka. Berbagai daerah mengadakan berbagai kegiatan untuk semakin memperkuat Kemenkeu Satu. Dengan tema perayaan HORI ke-76, Kemenkeu Satu: Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan, seluruh insan Kementerian Keuangan dapat mengikuti kegiatan baik di daerah maupun kegiatan terpusat yang ada di laman https://hori.kemenkeu.go.id/

Kemenkeu Satu Malang Raya tak ingin ketinggalan kemeriahan perayaan HORI ke-76. Berbagai kompetisi olahraga diselenggarakan yang diikuti seluruh unit vertikal Eselon I di wilayah Malang Raya. Hal ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan sinergi serta kembali mengingatkan seluruh insan Kementerian Keuangan akan pentingnya kesehatan dan menjaga kualitas pola hidup dengan berolahraga sekaligus meningkatkan rasa bahagia melalui berbagai permainan. Lomba yang diselenggarakan antara lain badminton, tenis meja, permainan gaple, e-sport (mobile legend dan PES) dan bola tenis. Kegiatan ini tak hanya mengasah kemampuan fisik, namun juga keterampilan bermain game.

Sebagai bagian dari Kemenkeu Satu Malang Raya, KPKNL Malang berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan. Di sela kesibukan melaksanakan pelayanan dan pekerjaan terkait tugas dan fungsi, para kontingen KPKNL Malang berlatih untuk memberikan kemampuan terbaiknya. Upaya tersebut tak sia-sia, KPKNL Malang meraih Juara 2 Lomba e-sport PES. Rangkaian kegiatan peringatan HORI ke-76 ditutup dengan pelaksanaan Upacara bertempat di Batalyon Komando 464/ Paspat Nanggala yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Timur. Selain upacara, masih ada persembahan pegawai Kementerian Keuangan berupa tari massal yaitu Tari Bapang. Tari Bapang merupakan salah satu jenis Tari Topeng yang merupakan tari khas dari Malang. Tari Bapang memiliki kekhasan dari gerakan yang tegas dan gagah. Pegawai KPKNL Malang turut berpartisipasi dalam tari massal tersebut.

Adanya rangkaian Perayaan HORI ke-76 di Malang Raya diharapkan dapat meningkatkan value Kemenkeu Satu agar seluruh pegawai dapat berkontribusi sesuai dengan peran masing-masing, bersikap sigap dalam menghadapi tantangan,  dan semakin tangguh mengawal pemulihan pasca pandemi. Terlebih berbagai tantangan ekonomi ke depan semakin dinamis dan berskala global. Kemenkeu Satu siap Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan. (teks : Neni Puji Artanti/gambar: Satria Islam Putra Sarabis)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini