Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Proses Lelang Lebih Efektif dan Efisien melalui Digitalisasi Lelang Kunjungan Kerja Direktur Lelang DJKN di KPKNL Malang
R.hilda Nurhayati
Senin, 17 Februari 2020   |   158 kali

Proses Lelang Lebih Efektif dan Efisien melalui Digitalisasi Lelang

Kunjungan Kerja Direktur Lelang DJKN di KPKNL Malang

 

 

Malang –  Direktur Lelang Lukman Effendi melakukan kunjungan kerja ke KPKNL Malang pada hari Senin tanggal 10 Februari 2020 bertempat di Aula Lt II, dihadiri oleh Para Kepala Seksi, Fungsinal Pelelang dan seluruh Pegawai KPKNL Malang.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala KPKNL Malang Asep Suryadi menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Direktur Lelang Lukman Effendi ke KPKNL Malang, dan memaparkan Kinerja KPKNL Malang dengan 11 (sebelas) Wilayah Kerja, dengan 370 (tiga ratus tujuh puluh) Satker, 221 (dua ratus dua puluh satu ) Pemohon Lelang dan 15 (Lima belas) Penyerah Piutang. Capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Malang Tahun 2019 sebesar 111,04 %,  dengan semangat kerja yang tinggi, KPKNL Malang optimis untuk pencapaian Target Tahun 2020.

Direktur Lelang Lukman Effendi memberikan pengarahan terkait mewujudkan lelang  yang Aman, Unggul dan Terpercaya, Lukman Efendi menekankan pentingnya paradigma baru pelayanan lelang dimana lelang turut serta menumbuhkan perekonomian nasional. Peningkatan pelayanan terus diupayakan. Digitalisasi lelang menjadikan proses lelang yang lebih efektif dan efisien didukung dengan integritas SDM yang menyelenggarakan Pelayanan. Menteri Keuangan mengapresiasi kinerja DJKN dan inovasinya termasuk lelang. Saat ini DJKN lakukan percepatan dalam pengelolaan kekayaan negara wujudkan DJKN sebagai  Distinguished Asset Manager  “asset manager yang efektif dan produktif mengelola aset  menjadi aset yang bermanfaat baik dari sisi ekonomi, sosial dan juga finansial,” terangnya. 

Lebih lanjut Lukman menjelaskan, saat ini  disusun naskah akademis Rancangan Undang-Undang terkait Lelang, peraturan di bidang lelang akan disesuaikan, dilakukan penyederhanaan dan penyempurnaan. Selain itu adanya Aplikasi Sistem Manajemen dan Informasi Lelang Elektronik (SMILE) yang berfungsi untuk membantu Pejabat Lelang dalam membuat risalah lelang.  SMILE sendiri merupakan salah satu fokus Direktorat Lelang DJKN terkait penyempurnaan proses bisnis dalam hal penyederhanaan pelaksanaan dan administrasi lelang dengan memanfaatkan tehnologi informasi. “ Lelang mendukung pertumbuhan perekonomian nasional juga berfungsi menurunkan NPL perbankan, penuntasan perkara hukum, membantu pengelolaan aset negara lebih efisien (tertib fisik), meningatkan ROI BUMN dengan melepas aset yang non produktif secara transparan, mengumpulkan PNBP lelang dan penerimaan negara lainnya seperti pajak dan BPHTB, mengamankan penerimaan pajak dengan menurunkan piutang pajak” tutur Lukman.

Lukman juga menyinggung pentingnya motivasi pegawai. “Untuk dapat memperoleh hasil kerja yang optimal, pegawai harus disiplin dan membawa perubahan positif bagi lingkungan kerjanya. Pegawai yang baik adalah pegawai yang senantiasa berinovasi untuk membawa pembaharuan di kantor, ujarnya

Pada kunjungan kerja, Lukman Effendi juga berkesempatan meninjau suasana Area Pelayanan Terpadu (APT), serta Ruang Lelang E-Auction dan  meninjau ruang penyimpanan Minuta Risalah Lelang. dan  ke ruang-ruang lainnya yang ada di KPKNL Malang. Sebagai penutup, Direktur Lelang, beserta segenap pejabat dan pegawai melakukan foto bersama, ( Teks/Foto Hilda)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini