Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Kilas Peristiwa
Memaknai Lebaran dengan Silaturahmi dan Knowing Your Employee
Fatimah
Rabu, 03 Mei 2023   |   67 kali

Kegiatan KPKNL Makassar pada hari Selasa tanggal 2 Mei 2023 terasa istimewa karena dalam suasana lebaran Idul Fitri 1444 H  diawali dengan kegiatan doa bersama dan halal bi halal bersama seluruh pegawai KPKNL Makassar bertempat diruang APT, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi  Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat yang lokasinya masih dalam satu areal Gedung Keuangan Negara Makassar, guna silaturahmi dan halal bihalal dengan Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar beserta para pegawai di Kanwil Sulseltrabar.

Kemenkeu Satu Sulawesi Selatan yang berada di Makassar juga mengadakan kegiatan halal bihalal pada Hari Rabu tanggal 3 Mei 2023 bertempat di Aula Lantai I GKN I Makassar yang dihadiri Kepala Kanwil Perbendaharaan selaku Kepala Perwakilan, Kepala Kanwil DJP serta para pejabat dan  pegawai dilingkungan DJPB, DJKN, DJP dan DJBC

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar sedang membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK). Salah satu bagian dari Pembangunan ZI WBK adalah keterlibatan pimpinan dalam hal ini Kepala Kantor guna mengawal suksesnya Pembangunan ZI WBK pada suatu organisasi. Pimpinan harus berperan dan turut andil dalam setiap kegiatan. Oleh karena itu, pimpinan perlu juga untuk mengetahui pegawainya satu per satu. Untuk mencapai tujuan tersebut, ditetapkanlah kebijakan Knowing Your Employee.

Knowing your employee adalah upaya untuk lebih mengenal karyawan atau staf atau pegawai dalam suatu organisasi. Upaya ini diterapkan tidak hanya ketika seseorang tercatat sebagai karyawan saja tetapi dengan memantau gaya hidup pegawai yang dimulai dari proses rekrutmen dengan mengecek rekam jejak calon pegawai,  sampai dengan sebelum pegawai tersebut tidak lagi bekerja alias pensiun.

Knowing your employee adalah salah satu strategi untuk mencegah, mendeteksi, dan mengatasi terjadinya fraud yang dilakukan oleh pegawai. Tidak hanya fraud yang mungkin dilakukan para staff atau pelaksana, tetapi juga yang dilakukan para Kepala Seksi atau Pejabat Fungsional dan pejabat tinggi lainnya. Pimpinan perlu menerapkan kebijakan ini karena pelanggaran dan fraud dimungkinkan terjadi karena ketidakpedulian pimpinan terhadap bawahannya. Perlu disadari bahwa fraud yang dilakukan oleh pegawai pada level manapun akan meruntuhkan motivasi dan mengalihkan fokus pegawai lainnya dari tujuan organisasi yang telah di tetapkan.

Makna dari silaturahmi selain dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT, silaturahmi juga dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan dengan sesama. Momentum saling memaafkan saat bersilaturahmi dapat membuat hubungan menjadi rukun, karena setiap manusia tidak akan pernah lepas dari kesalahan dan dosa. Manfaat silaturahmi dapat memperpanjang umur dan melapangkan rejeki.

KPKNL Makassar melakukan kegiatan silaturahmi dan Knowing Your Employee pada momen hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah diantaranya adalah dengan mengunjungi tempat tinggal para pegawai. Kali ini yang mendapatkan kesempatan dikunjungi adalah kediaman Saudari Indriani Aryanti Syahruddin, Saudari Mulfiana Muhtar,  dan Saudara Gusnadi. Kegiatan kunjungan ke kediaman pegawai merupakan silaturahmi untuk menjalin kedekatan antara pimpinan dengan bawahan  dengan disertai sebagian pegawai. Harapan lebih lanjut dengan hubungan silaturahmi yang baik akan dapat meningkatkan motivasi untuk bersinergi dalam melaksanakan tugas pekerjaan dengan penuh tanggung jawab dan berintegritas.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini