KPKNL Makassar
BERITA UTAMA
Jakarta - Peran middle management sangat menentukan kualitas institusi, hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat memberikan arahan kepada 226 pejabat eselon III Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dilantik dan diambil sumpahnya pag
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Seleksi Langsung Terbuka PPNPN
Minggu, 21 Mei 2017
Profil KPKNL Makassar

Wilayah kerja KPKNL Makassar terdiri dari satu kota dan sembilan kabupaten, yaitu: Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Total luas geografis wilayah kerja KPKNL Makassar adalah 9.834,39 km2, dengan topografi 0-2.000 m dpl, yang terdiri dari daratan dan pulau-pulau. Total jumlah penduduk dalam wilayah kerja KPKNL Makassar sekitar 4,4 juta jiwa.

 

Dari sisi struktur ekonomi, selain Kota Makassar dengan dominasi di bidang perdagangan, restoran, dan hotel, serta dari struktur industri serta jasa, sembilan kabupaten lainnya dalam wilayah kerja KPKNL Makassar sebagian besar adalah dari pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Berwisata dalam wilayah kerja KPKNL Makassar juga cukup bervariasi, mulai dari wisata kuliner, wisata bahari dan pantai, wisata pegunungan, dan wisata budaya serta heritage.

Beberapa tempat wisata ataupun hal menarik yang ada di Kota Makassar, misalnya Pantai Losari, Pulau Samalona, Benteng Fort Rotterdam, dan beberapa surga kuliner seperti Coto Makassar, Sop Konro, Pisang Ijo, Pisang Epe, dan sebagainya.

Sedangkan di Kab. Maros, di antaranya ada Taman Nasional Gunung Bulusaraung, Air Terjun Bantimurung, Kampung Rammang-rammang yang terkenal dengan batu karst-nya. Wisata menikmati hawa sejuk di ketinggian 1.500 dpl dapat juga dinikmati di Malino, Kab. Gowa. Sedangkan wisata pantai dengan pasir putih yang cukup terkenal adalah Pantai Bira di Kab. Bulukumba. Di daerah ini juga terdapat tempat pembuatan kapal phinisi, kapal khas Bugis-Makassar.

KPKNL Makassar mengangkat salah satu nilai kearifan lokal yakni “Sipakatau” sebagai motto. Kata Sipakatau berasal dari bahasa Bugis yang dapat diartikan “saling menghargai”. Secara filosofi, Sipakatau  yang memiliki unsur kata tau atau orang, dapat dimaknai bagaimana sikap dalam memandang manusia atau memanusiakan orang/manusia, menghargai dan memahami secara manusiawi.

Dengan motto Sipakatau dan menjunjung Nilai-nilai Kementerian Keuangan, KPKNL Makassar bertekad untuk bersinergi dalam pelayanan, kreatif dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas.

KPKNL Makassar saat ini dipimpin oleh Chairiah, pemimpin energik, tegas namun tetap humoris, dan selalu dekat dengan semua pegawai. Lahir di Makassar, 28 Februari 1966, memulai karir di Kementerian Keuangan pada tahun 1991 sebagai Pelaksana di Kanwil V BUPN di Makassar. Gelar Sarjana Hukum diraih pada tahun 1990 dari Universitas Hasanuddin dan lulus Magister Hukum pada tahun 2009 dari kampus yang sama.

 

Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala KPKNL Makassar dibantu oleh Kepala Subbagian Umum, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian,  Kepala Seksi Piutang Negara, Kepala Seksi Pelayanan Lelang,  Kepala Seksi Hukum dan Informasi, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal beserta pegawai fungsional umum maupun fungsional khusus.

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, KPKNL Makassar didukung oleh sumber daya manusia aparatur Negara, terdiri dari satu orang pejabat eselon III, tujuh orang pejabat eselon IV, dan pelaksana.

Guna membangun sinergi yang lebih kuat di antara para pegawai KPKNL Makassar dan senantiasa terisi dengan semangat yang terbarukan, KPKNL Makassar juga melaksanakan beberapa kegiatan di luar tugas dan fungsi. Kegiatan tersebut antara lain : knowledge sharing yang dilaksanakan sekali dalam sepekan, capacity building, family gathering, turnamen olahraga, kegiatan olahraga pada jam krida olahraga, makan siang bersama, dan sebagainya.

Gedung Kantor KPKNL Makassar berada dalam kompleks Gedung Keuangan Negara Makassar, yaitu pada Gedung Keuangan Negara I Lantai 2, Jalan Urip Sumoharjo Km.4, Makassar. Dengan luas kantor ±2.400 m2, ruang kerja KPKNL Makassar terasa lapang, dilengkapi Ruang Area Pelayanan Teladan, Aula, Ruang Lelang, Ruang BKPN, Ruang Risalah Lelang, Ruang Laporan Penilaian, Musholla, kamar mandi dan toilet, serta gudang.

Tata ruang dan suasana yang nyaman diciptakan dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan mendukung upaya membangun image yang baik di mata para pemangku kepentingan dan mitra kerja.

Dengan semangat mewujudkan visi dan misi DJKN dengan berlandaskan Nilai-nilai Kementerian Keuangan, KPKNL Makassar siap memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada para pemangku kepentingan dan mitra kerja. Untuk itu, KPKNL Makassar memberikan Janji Layanan: Pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya, selain biaya resmi; Pelayanan yang diberikan sesuai SOP (Standard Operating Procedure); dan Pelayanan dilakukan dengan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa).

Akses layanan dan informasi oleh para pemangku kepentingan tidak saja hanya pada hari dan atau jam kerja, namun dapat dilakukan setiap saat. Sosialisasi media komunikasi satu dan dua arah senantiasa dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pemangku kepentingan untuk memperoleh layanan yang dibutuhkannya dan diharapkan lebih paham akan tugas dan fungsi KPKNL sehingga akan mempermudah proses bisnis yang akan dilakukan. Selain portal DJKN dan media sosial DJKN, KPKNL Makassar juga telah siap dengan Layanan Informasi berbasis web yang secara umum berisi tentang Layanan KPKNL Makassar, saluran komunikasi untuk menampung pertanyaan, saran/kritik, serta pengaduan. Selain itu, KPKNL Makassar juga hadir dalam media sosial, seperti facebook dan twitter. Langkah ini juga merupakan bagian keikutsertaan KPKNL Makassar dalam program DJKN Goes to Public.

Sebagai bagian dari Kementerian Keuangan, KPKNL Makassar berkomitmen siap mengawal program Transformasi Kelembagaan yang telah digaungkan sejak tahun 2013. Dinamika lingkungan yang senantiasa bergerak dan berubah harus diikuti dengan kemampuan untuk menyesuaikan dengan perubahan organisasi untuk selalu dapat mencapai tujuan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat secara umum. Komitmen untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem administrasi yang handal serta kualitas layanan yang terbaik senantiasa dilakukan untuk mewujudkan good governance.

Inisiatif dan inovasi dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti Sistem Administrasi Pengelolaan Kekayaan Negara. Sistem ini masih sangat sederahana namun dirasakan membantu dalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Makassar di bidang pelayanan pengelolaan kekayaan negara. Secara singkat, sistem ini merupakan prosedur yang sejalan dengan SOP yang ada dengan memanfaatkan Microsoft Office Excel sebagai basis pengolahan data dengan pemberkasan dokumen berdasarkan jenis layanan. Melalui sistem ini, informasi terkait pengelolaan kekayaan negara dapat tersaji lebih cepat, pengarsipan lebih rapi, mudah diakses, dan aman. Sistem ini dirasakan masih banyak kelemahan, untuk itu senantiasa dilakukan upaya penyempurnaan.

Selain itu, sebagai bentuk continous improvement sumber daya manusia, minimal sekali dalam sepekan (pada hari Selasa) dilaksanakan knowledge sharing atau group discussion dengan materi hal-hal baru ataupun current issues, inovasi dan inisiatif baru, pemberdayaan teknologi informasi dan sumber daya lainnya dalam mendukung pelaksanaan tugas, dan hal lain yang diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi organisasi yang kami namakan “SMART” – Sharing, Motivation, Action, and Refresh on Tuesday.

DJKN diharapkan dapat menjadi organisasi yang sukses dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, mewujudkan cita-cita menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, dan menjadi organisasi yang kuat dalam proses Tranformasi Kelembagaan.


Wilayah Kerja
Kota Makassar
Kabupaten Gowa
Kabupaten Pangkep (Pangkajene Dan Kepulauan)
Kabupaten Maros
Kabupaten Takalar
Kabupaten Jeneponto
Kabupaten Bantaeng
Kabupaten Bulukumba
Kabupaten Sinjai
Kabupaten Selayar
Peta Lokasi KPKNL Makassar

View KPKNL Makassar in a larger map
Alamat Kantor
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411)456116
kpknlmakassar0206@gmail.com