KPKNL Makassar
BERITA UTAMA
Seluruh pegawai KPKNL Makassar berkumpul di selasar depan KPKNL Makassar untuk jalani Rapid Test Covid-19 (tes cepat Covid-19) pada Selasa (02/06)
Profil KPKNL Makassar

Wilayah kerja KPKNL Makassar terdiri dari satu kota dan sembilan kabupaten, yaitu: Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Total luas geografis wilayah kerja KPKNL Makassar adalah 9.834,39 km2, dengan topografi 0-2.000 m dpl, yang terdiri dari daratan dan pulau-pulau. Total jumlah penduduk dalam wilayah kerja KPKNL Makassar sekitar 4,4 juta jiwa.

Dari sisi struktur ekonomi, selain Kota Makassar dengan dominasi di bidang perdagangan, restoran, dan hotel, serta dari struktur industri serta jasa, sembilan kabupaten lainnya dalam wilayah kerja KPKNL Makassar sebagian besar adalah dari pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Berwisata dalam wilayah kerja KPKNL Makassar juga cukup bervariasi, mulai dari wisata kuliner, wisata bahari dan pantai, wisata pegunungan, dan wisata budaya serta heritage.

Beberapa tempat wisata ataupun hal menarik yang ada di Kota Makassar, misalnya Pantai Losari, Pulau Samalona, Benteng Fort Rotterdam, dan beberapa surga kuliner seperti Coto Makassar, Sop Konro, Pisang Ijo, Pisang Epe, dan sebagainya.

Sedangkan di Kab. Maros, di antaranya ada Taman Nasional Gunung Bulusaraung, Air Terjun Bantimurung, Kampung Rammang-rammang yang terkenal dengan batu karst-nya. Wisata menikmati hawa sejuk di ketinggian 1.500 dpl dapat juga dinikmati di Malino, Kab. Gowa. Sedangkan wisata pantai dengan pasir putih yang cukup terkenal adalah Pantai Bira di Kab. Bulukumba. Di daerah ini juga terdapat tempat pembuatan kapal phinisi, kapal khas Bugis-Makassar.

KPKNL Makassar mengangkat salah satu nilai kearifan lokal yakni “Sipakatau” sebagai motto. Kata Sipakatau berasal dari bahasa Bugis yang dapat diartikan “saling menghargai”. Secara filosofi, Sipakatau  yang memiliki unsur kata tau atau orang, dapat dimaknai bagaimana sikap dalam memandang manusia atau memanusiakan orang/manusia, menghargai dan memahami secara manusiawi.

Dengan motto Sipakatau dan menjunjung Nilai-nilai Kementerian Keuangan, KPKNL Makassar bertekad untuk bersinergi dalam pelayanan, kreatif dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas.

KPKNL Makassar saat ini dipimpin oleh Rakhmat Mahsan, pemimpin energik, tegas, berwibawa, dan selalu dekat dengan semua pegawai. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala KPKNL Makassar dibantu oleh Kepala Subbagian Umum, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian,  Kepala Seksi Piutang Negara, Kepala Seksi Pelayanan Lelang,  Kepala Seksi Hukum dan Informasi, dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal beserta pegawai fungsional umum maupun fungsional khusus.


Tugas dan fungsi masing-masing subbagian dan seksi disebutkan secara jelas pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Sebagaimana tersebut pada Pasal 30 dan 31 PMK 170/PMK.01/2012, tugas dan fungsi KPKNL adalah:

Pasal 30

KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang.


Pasal 31

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30, KPKNL menyelenggarakan fungsi:

a.     inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;

b.    registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

c.     registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang;

d.    penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara;

e.     pelaksanaan pelayanan penilaian;

f.      pelaksanaan pelayanan lelang;

g.    penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang;

h.     pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan;

i.      pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain;

j.      pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang;

k.     inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan;

l.      pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang;

m.   verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

n.     pelaksanaan administrasi KPKNL.






Guna membangun sinergi yang lebih kuat di antara para pegawai KPKNL Makassar dan senantiasa terisi dengan semangat yang terbarukan, KPKNL Makassar juga melaksanakan beberapa kegiatan di luar tugas dan fungsi. Kegiatan tersebut antara lain : knowledge sharing yang dilaksanakan sekali dalam sepekan, capacity buildingfamily gathering, turnamen olahraga, kegiatan olahraga pada jam krida olahraga, makan siang bersama, dan sebagainya.

Gedung Kantor KPKNL Makassar berada dalam kompleks Gedung Keuangan Negara Makassar, yaitu pada Gedung Keuangan Negara I Lantai 2, Jalan Urip Sumoharjo Km.4, Makassar. Dengan luas kantor ±2.400 m2, ruang kerja KPKNL Makassar terasa lapang, dilengkapi Ruang Area Pelayanan Teladan, Aula, Ruang Lelang, Ruang BKPN, Ruang Risalah Lelang, Ruang Laporan Penilaian, Musholla, kamar mandi, dan toilet, serta gudang.

Tata ruang dan suasana yang nyaman diciptakan dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan mendukung upaya membangun image yang baik di mata para pemangku kepentingan dan mitra kerja.

Dengan semangat mewujudkan visi dan misi DJKN dengan berlandaskan Nilai-nilai Kementerian Keuangan, KPKNL Makassar siap memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada para pemangku kepentingan dan mitra kerja. Untuk itu, KPKNL Makassar memberikan Janji Layanan: Pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya, selain biaya resmi; Pelayanan yang diberikan sesuai SOP (Standard Operating Procedure); dan Pelayanan dilakukan dengan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa).

Akses layanan dan informasi oleh para pemangku kepentingan tidak saja hanya pada hari dan atau jam kerja, namun dapat dilakukan setiap saat. Sosialisasi media komunikasi satu dan dua arah senantiasa dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pemangku kepentingan untuk memperoleh layanan yang dibutuhkannya dan diharapkan lebih paham akan tugas dan fungsi KPKNL sehingga akan mempermudah proses bisnis yang akan dilakukan. Selain portal DJKN dan media sosial DJKN, KPKNL Makassar juga telah siap dengan Layanan Informasi berbasis web yang secara umum berisi tentang Layanan KPKNL Makassar, saluran komunikasi untuk menampung pertanyaan, saran/kritik, serta pengaduan. Selain itu, KPKNL Makassar juga hadir dalam media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter. Langkah ini juga merupakan bagian keikutsertaan KPKNL Makassar dalam program DJKN Goes to Public.

Sebagai bagian dari Kementerian Keuangan, KPKNL Makassar berkomitmen siap mengawal program Transformasi Kelembagaan yang telah digaungkan sejak tahun 2013. Dinamika lingkungan yang senantiasa bergerak dan berubah harus diikuti dengan kemampuan untuk menyesuaikan dengan perubahan organisasi untuk selalu dapat mencapai tujuan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat secara umum. Komitmen untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem administrasi yang handal serta kualitas layanan yang terbaik senantiasa dilakukan untuk mewujudkan good governance.

DJKN diharapkan dapat menjadi organisasi yang sukses dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, mewujudkan cita-cita menjadi pengelola kekayaan negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, dan menjadi organisasi yang kuat dalam proses Tranformasi Kelembagaan.

 


Wilayah Kerja
Kota Makassar
Kabupaten Gowa
Kabupaten Pangkep (Pangkajene Dan Kepulauan)
Kabupaten Maros
Kabupaten Takalar
Kabupaten Jeneponto
Kabupaten Bantaeng
Kabupaten Bulukumba
Kabupaten Sinjai
Kabupaten Selayar
Peta Lokasi KPKNL Makassar

View KPKNL Makassar in a larger map
Alamat Kantor
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id