Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Kilas Peristiwa
Semarak Kemerdekaan Kemenkeu Satu Sulawesi Selatan
Fatimah
Jum'at, 19 Agustus 2022   |   82 kali

Makassar- Semarakkan kemerdekaan Indonesia yang Ke-77 Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sulawesi Selatan (Sulsel) berkolaborasi menyelenggarakan berbagai kegiatan yang diprakarsai oleh KPTIK BMN Makassar. Serangkaian kegiatan bertajuk “PAKINTAKI !” yang mulai diselenggarakan sejak tanggal 16 Agustus 2022 sampai hari ini 19 Agustus 2022, terdiri dari kegiatan Webinar, Open Stage Performance, Lomba Rakyat dan Bazar UMKM telah disusun untuk menyemarakkan peringatan Hut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di lingkungan Gedung Keuangan Negara (GKN) Makassar.

Open Stage Performance yang diselenggarakan di selasar GKN I Makassar, menampilkan kreatifitas pegawai dari setiap kantor di Kemenkeu Sulsel melalui kegiatan fashion show, standup comedy, pidato Bahasa daerah, pameran foto dan penampilan Band. Penampilan fashion show pada kegiatan ini mencuri banyak perhatian, karena ide kreatif yang muncul dari setiap kantor dengan memperagakan pakaian adat berbagai daerah dan juga pakaian khas dari berbagai macam profesi yanga ada. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar turut berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui penampilan standup comedy, pidato bahasa daerah dan juga pameran foto.

Selayaknya kegiatan menyambut 17 Agustus, tidak ketinggalan penyelenggaraan lomba untuk menyemarakan suasana kemerdekaan. Perlombaan yang diadakan melalui kegiatan “Lomba Rakyat” terdiri dari lomba Tarik tambang, balap kelereng, giring bola, joget kursi dan estafet tepung. Seluruh kantor pada GKN Makassar menunjukkan antusiasnya pada kegiatan ini, dengan mengirimkan perwakilannya untuk bertanding pada setiap perlombaan yang diselenggarakan tidak terkecuali KPKNL Makassar. Bukan hanya peserta lomba yang aktif dalam kegiatan ini tapi seluruh supporter dari masing-masing perwakilan kantor juga berperan aktif memeriahkan kegiatan ini. Melalui kegiatan Lomba Rakyat ini KPKNL Makassar berhasil meriah juara pada lomba Joget Kursi.

Bazar UMKM yang direncanakan menjadi kegiatan rutin pada GKN Makassar juga mengambil peran dalam menyemarakkan kemerdekaan Indonesia Ke-77 di GKN Makassar. Terdapat 17 pengusaha UMKM yang berartisipasi pada kegiatan ini mulai dari UMKM yang menjual jajanan tradisional seperti sarabba dan empek-empek sampai UMKM penjual frozen food dan ice cream gelato berkumpul di lapangan Parkir GKN Makassar. Serangkaian kegiatan menyemarakkan Kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan di GKN Makassar ini, diharapkan bukan hanya membawa kesenangan bagi pegawai Kemenkeu Sulsel, tapi diharapkan juga dapat membawa manfaat bagi masyarakat setempat terutama pengusaha UMKM. Hal ini selaras dengan tema Kemerdekaan Republik Indonesai ke-77 yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Selain serangkaian kegaitan “PAKINTAKI !”, GKN Makassar juga turut menyelenggarakan Upacara Bendera di Lapangan GKN Makassar pada tanggal 17 Agustus 2022. Upacara yang dipimpin oleh Ekka S. Sukadana Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar ini, diikuti oleh perwakilan pejabat dan pegawai dari Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berkantor di GKN Makassar sebagai peserta upacara dan petugas upacara. Sebagai upaya melestarikan kebudayaan lokal, pada upacara ini pejabat eselon 2 dan eselon 3 pada setiap kantor, termasuk Harmaji Kepala KPKNL Makassar mengenakan pakaian adat daerah (fsw).

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini