Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Capaian Fantastis di Bidang Piutang Negara
Fatimah
Jum'at, 19 Januari 2024   |   20 kali

Piutang negara merupakan hak pemerintah yang perlu dikelola secara optimal melalui pengembangan sistem pengelolaan piutang negara yang handal dan terpercaya. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dimana salah satu tugas dan fungsinya yaitu, melakukan proses pengurusan piutang negara.

KPKNL Makassar menutup akhir tahun 2023 dengan capaian yang fantastis di bidang Piutang Negara. PT. Perkebunan Nusantara XIV yang merupakan salah satu debitur piutang negara penyerahan Direktorat PKN (dahulu PKNSI),DJKN yang berasal dari aset Eks. Bank Dalam Likuidasi (BDL) telah melaksanakan pelunasan hutang pada posisi sisa hutang sebesar Rp12.548.481.313,- dengan nilai penyerahan sebesar Rp18.183.472.222,-.

Hal tersebut merupakan pencapaian yang sangat baik dari KPKNL Makassar, sehingga realisasi yang dicapai pada tahun 2023 sangat optimal dengan nilai sebesar 196,81% untuk penurunan outstanding piutang negara dan 1702,85% untuk realisasi penerimaan biaya administrasi piutang negara.

Menindaklanjuti pelunasan piutang tersebut, pada hari Kamis (18/1) bertempat di Kantor PT. Perkebunan Nusantara XIV telah dilaksanakan penyerahan surat lunas dan dokumen barang jaminan dari Harmaji Kepala KPKNL Makassar kepada Desmanto Region Head PT. Perkebunan Nusantara XIV, yang turut disaksikan oleh Maalun Lamau SEVP Business Support PT. Perkebunan Nusantara XIV, Sustiyaningsih Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Makassar, staf PT. Perkebunan Nusantara XIV, dan staf Seksi Piutang Negara KPKNL Makassar.

Melalaui kesempatan kali ini, Harmaji menyampaikan harapannya agar komunikasi yang telah terjali tetap dapat berjalan walaupun piutang negara dari pihak PT. Perkebunan Nusantara XIV telah lunas. Harmaji juga  menyampaikan terkait tugas dan fungsi KPKNL dimana salah satunya terkait pelaksanaan lelang hak menikmati dan lelang sukarela.

Desmanto menyambut baik informasi terkait lelang tersebut, pihaknya menyampaikan bahwa PT. Perkebunan Nusantara XIV mempunyai beberpa lahan yang akan disewakan, dan untuk menjaga agar tidak terjadi peyimpangan atau penyalahgunaan dapat menggunakan mekanisme lelang dalam penentuan pihak penyewa. Adapun terkait besi-besi tua yang banyak terdapat di PT. Perkebunan Nusantara XIV pada kesempatan ini, Harmaji memberikan solusi untuk diajukan penjualan melalui permohonan lelang.

Pihak PT. Perkebunan Nusantara XIV sangat berterima kasih dengan adanya kunjungan dari KPKNL Makassar, Desmanto menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan kolaborasi selama ini dalam penyelesaian piutang negara.

(Teks: Indriani Aryanti Syahruddin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini