Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar Berhasil Memperoleh Predikat ZI WBK Tahun 2023
Gusnadi
Jum'at, 15 Desember 2023   |   56 kali

Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023 yakni pada tanggal 9  Desember 2023 dengan tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju”. Kementerian Keuangan menyelenggarakan puncak acara Hakordia yang bertujuan untuk meningkatkan integritas dan memperkuat budaya antikorupsi di lingkungan Kementerian Keuangan. Kegiatan berupa refleksi internal  diselenggarakan pada 14 Desember 2023. Pada acara ini dilakukan pemberian penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Unit Pengelola Gratifikasi (UPG)  Unit Kerja Kementerian Keuangan dengan jumlah pelaporan penolakan gratifikasi tertinggi tahun 2023.

Pada kesempatan ini juga diumumkan unit/ satuan kerja Kementerian Keuangan yang memperoleh predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK)  dan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM) Tahun 2023. Unit yang memperoleh ZI WBBM sebanyak 13 unit dan unit yang memperoleh predikat ZI WBK sebanyak     167 unit dan KPKNL Makassar termasuk unit yang memperoleh predikat ZI WBK.

Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Makassar tahun 2023 telah dilaksanakan sesuai rencana kerja dengan mengacu kepada Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dan Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah. Pembangunan Zona Integritas mencakup dua komponen, yaitu pengungkit dan hasil. Komponen pengungkit merupakan aspek tata kelola (governance) internal unit kerja dan komponen hasil merupakan bagaimana stakeholder merasakan dampak/hasil dari perubahan yang telah dilakukan pada area pengungkit. Proses Pembangunan Zona Integritas pada area pengungkit difokuskan pada enam area perubahan yang merupakan bagian dari area perubahan reformasi birokrasi.

Pembangunan area pengungkit merupakan komponen yang menjadi faktor penentu pencapaian. Guna mencapai sasaran target penyelesaian dokumen pada 6 (enam) komponen pengungkit tersebut, KPKNL Makassar telah memiliki rencana kerja dalam melaksanakan Pembangunan Zl menuju WBK/WBBM sebagai pedoman bagi seluruh jajaran dalam pelaksanaan Pembangunan Zl Menuju WBK/WBBM KPKNL Makassar. Agar rencana aksi yang dituangkan dalam rencana kerja dapat berjalan sesuai jadwal, target-target dan tahapan-tahapan serta tindak lanjut sebagaimana telah ditetapkan, maka dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Pembangunan Zl menuju WBK/WBBM secara berkala.

KPKNL Makassar berhasil memperoleh predikat ZI WBK tahun 2023 setelah melalui proses yang panjang dengan melakukan pembangunan 6 (enam) area perubahan, penguatan integritas dan Budaya Kerja Kementerian Keuangan. Namun hal ini juga tidak lepas dari adanya sinergi, kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengguna jasa KPKNL Makassar.

Harapannya seluruh pegawai KPKNL Makassar konsisten untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan layanan kepada seluruh pengguna jasa dengan semakin berkualitas dan berintegritas untuk dapat meraih ZI WBBM dimasa yang akan datang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini