Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dorong Sertifikasi BMN Melalui Koordinas Bersama Kantah
Fatimah
Senin, 26 Juni 2023   |   29 kali

Pada hari Kamis tanggal 22 Juni 2023, Kepala KPKNL Harmaji melaksanakan koordinasi dengan Kepala Kantah Kabupaten Takalar Irvan dalam rangka monitoring progres pensertipikatan BMN berupa tanah di wilayah kerja KPKNL Makassar salah satunya di wilayah kerja Kantor Pertanahan Kab.Takalar.

Melalui kegiatan ini turut hadir Hamnur koordinator Satker K/L Kementerian PUPR bidang BMN Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang selaku satuan kerja pengguna tanah yang menjadi objek sertipikasi. Dalam pertemuan tersebut dibahas hal-hal terkait pensertipikatan seperti capaian, permasalahan serta rencana penyelesaian target sebagaimana telah ditetapkan di awal tahun 2023.

Sesuai informasi yang diperoleh dari target sejumlah 322 NUP setelah dilakukan pengukuran tercatat menjadi sejumlah 22 (dua puluh dua) bidang, kemudian 10 berkas bidang yang sudah lengkap sedang dalam proses untuk diserahkan permohonan penerbitan sertifikatnya. Kemudian yang menjadi pembahasan karena terjadi perbedaan jumlah target NUP dan Bidang, yang harapannya selisih jumlah bidang yang akan disertfikatkan dapat dicarikan penambahannya dari satker BBWS atau satker K/L yang lain.

Penyelesaian target untuk kategori K2 atau not clean but clear (data yuridis dan fisik tidak lengkap namun tidak sengketa/berperkara) dan K3 atau clean but not clear (data yuridis dan fisik lengkap namun sengketa/berperkara) akan segera di sampaikan datanya ke satker K/L karena prosesnya yang belum dipahami oleh satker BBWS, dengan output Peta Bidang Tanah (PBT) untuk Kategori K2 dan Nomor Identifikasi Sementara (NIS) untuk kategori K3. Demikian juga untuk proses penyelasaian target K 4 perlu sosialisasi dengan seluruh satker K/L yang menjadi target.

Koordinasi dengan Kantah sebelumnya juga telah dilakukan dengan Achmad Kepala Kantah Kabupaten Gowa dan Syukur Kepala Kantah Kota Makassar, dengan harapan KPKNL Makassar dalam menyelesaikan seluruh target sertifikasi BMN Tahun 2023.

Teks: Abdul Wahab

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini