Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Morning Call: Monev Capkin Tahun 2021 Untuk 2022 Yang Lebih Baik
Fatimah
Selasa, 16 November 2021   |   108 kali

Makassar- Mendukung persiapan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar mengusung pembahasan Capaian Kinerja Tahun 2021 pada kegiatan Morning Call hari ini (16/11). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting ini dimulai pada pukul 09.00 Wita dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Makassar.

Harmaji Kepala KPKNL Makassar menyampaikan bahwa Morning Call pada hari ini selain membahas capaian kinerja KPKNL Makassar, juga sebagai langkah KPKNL Makassar dalam menyusun strategi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada tahun 2022. Harmaji menyampaikan bahwa KPKNL Makassar harus mampu memberikan pelayanan yang prima dan professional agar terbentuk hubungan yang baik dengan pengguna layanan, namun disamping itu kita juga perlu mewaspadai kemungkinan munculnya gratifikasi. Selanjutnya untuk menunjang pembangunan ZI-WBK yang melibatkan seluruh elemen pada KPKNL, maka perlu adanya monitoring dan evaluasi (monev) terkait kinerja Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) agar tercipta keselarasan dalam setiap pelayanan KPKNL Makassar.

Capaian Kinerja KPKNL Makassar sampai dengan bulan Oktober 2021 terpantau baik yaitu dengan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 111,28 persen. Namun disamping capaian NKO yang baik ini, masih terdapat beberapa catatan pada capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) KPKNL Makassar. Catatan pertama adalah pada seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) dimana IKU Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Portofolio Aset dan Sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) yang sampai pada bulan Oktober Tahun 2021 belum mencapai target. Pramar Kepala Seksi PKN menyampaikan bahwa untuk capaian IKU PNBP dan Portofolio Aset sampai dengan hari ini dipastikan sudah tercapai, sedangkan untuk capaian IKU Sertifikasi BMN sampai saat ini pihaknya masih berusaha untuk mencapai target.

Selanjutnya untuk capaian setiap IKU pada seksi Piutang Negara (PN) sampai Oktober 2021 sudah tercapai, sehingga saat ini Seksi PN tengah menyusun langkah kerja untuk peningkatan capaian kinerja pada tahun 2022. Hal yang sama juga terjadi pada seksi Penilaian, dimana sampai dengan bulan Oktober tahun 2021 capaian IKU telah mencapai target.

Seksi Pelayanan Lelang masih memiliki beberapa catatan pada capaian kinerjanya sampai dengan oktober 2021. Terlihat bahwa IKU PNBP, Realisasi Pokok Lelang dan Produktivitas Lelang masih belum mencapai target yang telah ditetapkan. Sejauh ini Pejabat Lelang telah mengusahakan yang terbaik dalam pelaksanaan lelang, namun mengigat pelaksanaan lelang yang sangat bergantung pada pihak ketiga maka capain IKU pada seksi lelang terutama yang berkaitan dengan lelang laku menjadi sulit untuk dipastikan.

Harmaji dalam penutupannya menyampaikan bahwa untuk saat ini capaian pada KPKNL Makassar sudah cukup baik walau masih terdapat beberapa catatan yang harus diperbaiki. Berkaitan dengan sertifikasi Harmaji menyatakan bahwa seksi PKN harus lebih banyak melakukan koordinasi dengan satuan kerja (satker) dan dia juga bersedia untuk turut serta melakukan koordinasi dengan satker agar proses sertifikasi BMN ini dapat segera terselesaikan. Terkait realisasi dan produktivitas lelang Harmaji menyampaikan bahwa sampai dengan akhir tahun ini Pejabat Lelang perlu untuk lebih menggali potensi-potensi lelang yang mungkin laku untuk menunjang pencapaiakan IKU. Harmaji terus mengingatkan setiap pegawai untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga semangat dan meningkatkan kolaborasi (fsw).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini