Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar Tingkatkan Koordinasi dengan Pemkab Bantaeng
Fatimah
Selasa, 02 November 2021   |   111 kali

Makassar -  Meningkatkan kualitas pelayanan kepada satuan kerja, hari ini (2/11) Harmaji Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng. Bersama dengan kesempatan ini, Harmaji Kepala KPKNL Makassar turut menyerahkan hasil penilaian Barang Milik Daerah (BMD) berupa tanah dan bangunan dalam rangka penyertaan modal pemerintah daerah, kepada Ilham Azikin Bupati Bantaeng.

Ilham menyatakan bahwa pengelolaan Barang Milik Daerah harus mempertimbangkan prinsip produktifitas, dimana suatu aset harus bekerja dan menghasilkan pendapatan, Hal tersebut yang mendasari Pemerintah Kabupaten Bantaeng melakukan penyertaan modal kepada perusahaan daerah, dan Penilai KPKNL Makassar telah melakukan penilaian Barang Milik Daerah untuk menghasilkan nilai wajar sebagai dasar penyertaan modal dimaksud .

Kepala Bidang Aset Pemerintah Kabupaten Bantaeng menyatakan bahwa KPKNL Makassar pada tahun 2015 telah membantu Pemerintah Kabupaten Bantaeng untuk melakukan penilaian BMD dalam rangka penyusunan neraca Pemerintah Daerah, yang kemudian berkontribusi terhadap pencapaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Lebih lanjut, Harmaji menyampaikan bahwa KPKNL Makassar siap membantu pengelolaan BMD, tidak hanya terkait penilaian, namun juga dalam hal lelang BMD yang saat ini sudah dilakukan sepenuhnya secara elektronik. Adapun lelang secara elektronik dilaksanakan agar proses lelang lebih kompetitif dan harga yang tercipta lebih optimal.

Pemerintah Kabupaten Bantaeng terakhir kali melaksanakan lelang pada tahun 2016, dan masih melalui lelang konvensional. Melalui kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Bantaeng menyatakan bahwa pihaknya memiliki beberapa potensi lelang BMD, dan siap melaksanakan lelang melalui e-auction untuk optimalisasi hasil lelang.

Sebagai penutup, Bupati Bantaeng memberikan apresiasi atas dukungan dan sinergi yang telah terjalin antara KPKNL Makassar dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng (FSW).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini