Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Madiun > Berita
Action Learning Penguatan Karakter Pegawai Kementerian Keuangan
Arlianti Vita
Senin, 04 Desember 2023   |   77 kali

Kamis,Kegiatan  Action Learning  Pelatihan Teknis Penguatan  Karakter  Pegawai  Kementerian Keuangan, diselenggarakan di Aula KPKNL Madiun pada tanggal 30 November 2023 dengan Narasumber yaitu Pegawai Seksi PKN, Andri Wijaya, yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Madiun. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan efektifitas penerapan hasil pelatihan bagi pegawai KPKNL Madiun.

Action Learning Pelatihan Teknis Penguatan Karakter Pegawai Kementerian Keuangan dilaksanakan dengan tujuan untuk menguatkan kembali pegawai Kementerian  Keuangan terkait wawasan kebangsaan, rasa nasionalisme, loyalitas, integritas, kepribadian  unggul, kejujuran, kemampuan bekerjasama,  disiplin, penuh tanggung jawab, jiwa korsa, inisiatif, serta penguatan mental dan spiritual. Andri Wijaya juga menyampaikan bahwa terdapat 14 (empat belas) materi yang disampaikan pada Pelatihan Teknis Penguatan Karakter Pegawai Kementerian Keuangan, yaitu: Penguatan Mental, Fisik dan Disiplin, Peraturan Baris Berbaris, Peraturan Penghormatan Militer, Tata Upacara Militer, Peraturan Umum Dinas Dalam, Penggunaan Senjata Api, Wawasan Kebangsaan dan Sejarah Nasional, Sejarah Kementerian Keuangan, Budaya Organisasi Kementerian Keuangan dan Budi Pekerti, Sesi Inspirasi, Integritas dan Anti Korupsi, Komunikasi Lintas Generasi, Toleransi Keberagaman, dan Kepemimpinan.

 

Selain itu, materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut yaitu Membangun Budaya Antikorupsi, Memperketat Reputasi. “Reputasi suatu entitas adalah opini tentang entitas tersebut. Biasanya dikembangkan dari hasil evaluasi sosial berdasarkan serangkaian kriteria, seperti perilaku atau kinerja. Reputasi adalah mekanisme kontrol sosial yang ada di mana-mana, spontan, dan sangat efisien,” ujar Andri Wijaya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kasubbag umum, Anita Dhamajanti  menyampaikan untuk materi  yang ke-12 dan ke-13, yaitu terkait Komunikasi Lintas Generasi dan Toleransi Keberagaman,   " Agar diimplementasikan sehingga dapat membawa nama KPKNL Madiun, kira-kira kisah apa yang terjadi terkait misalnya ada jarak lintas generasi dalam berkomunikasi, sehingga bisa  disamakan" pesan Anita.


Kepala KPKNL Madiun, Fendy Purwanto menyampaikan, “Salah satu poin utama/terpenting dalam kedisplinan yaitu terkait dengan waktu. Hal itu minimal yang harus diambil untuk dijadikan pelajaran, agar dipahami dan ditanamkan dalam diri kita. Harapan saya, mudah-mudahan Pelatihan yang diikuti Sdr. Andri bisa menjadi contoh kedepannya untuk teman-teman yang lain. Tidak berhenti sampai hari ini penerapannya, melainkan dapat diterapkan kedepannya, sehingga dapat membawa reputasi yang baik, untuk diri sendiri maupun KPKNL Madiun ” jelasnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini