KPKNL Madiun
BERITA UTAMA
KPKNL Madiun mengadakan acara bimbingan teknis revaluasi BMN kepada satuan kerja yang menjadi target Revaluasi BMN tahun 2017 pada tanggal 23-24 Agustus 2017. Acara yang mengambil tema “nilai untuk negeri” ini dilaksanakan seiring dengan pelak
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Profil KPKNL Madiun

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara di bawah Kantor Wilayah Jawa Timur. KPKNL Madiun yang sebelumnya bernama Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara (KP2LN) Madiun ini mulai beroperasi sejak 21 Januari 2002. Saat ini, KPKNL Madiun beralamat di Jalan Serayu Timur No.141 Kota Madiun.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012, KPKNL mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara dan Lelang dengan wilayah kerja meliputi Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Magetan.

Menginjak awal Tahun 2014, Kepala KPKNL Madiun (R.B. Sigit Budi Prabowo) berupaya memberikan motivasi kepada seluruh pegawai dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa dengan menggunakan motto “melayani dengan SIP,” yang merupakan kepanjangan dari senyum, ikhlas, dan profesional.  Senyum berarti bekerja dan melayani selalu diawali dengan senyum. Dengan keramahan dan keakraban untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan memperoleh hasil yang maksimal. Ikhlas berarti bekerja dengan hati yang tulus ikhlas dan meneguhkan niat untuk melayani dengan baik, dan menganggap pekerjaan merupakan salah satu amanah yang harus diemban oleh setiap pegawai. Profesional berarti berkomitmen untuk bekerja dengan didasari pada kompetensi tinggi dan rasa tanggungjawab terhadap hasil pekerjaan.

KPKNL Madiun dipimpin oleh Kepala KPKNL Cecep Saefullah dibantu oleh beberapa eselon IV yaitu: Kepala Subbagian Umum Heru Tjatur Prasetyo; Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Mohamad Riyanto; Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Muhammad Arifin; Kepala Seksi Piutang Negara Erni Ika Nurhayati; Kepala Seksi Pelayanan Lelang Moh. Matori; Kepala seksi Hukum dan Informasi Muhammad Fais Mardian; dan Kepala seksi Kepatuhan Internal Andi Susanto.

 Jumlah Pegawai KPKNL Madiun sebanyak 35 orang. KPKNL Madiun mempunyai 6 orang juru sita, 8 orang pejabat lelang, 22 orang penilai, dan 4 orang pegawai bersertifikat pengadaan barang dan jasa.

KPKNL Madiun secara geografis berlokasi di Jalan Serayu Timur No.141 Kota Madiun dan berdiri di atas tanah seluas 2.000 m².  Posisi yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh para pengguna jasa. Lokasi KPKNL Madiun cukup mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Jarak kantor dari pusat Kota Madiun sekitar 3,5 km ke arah selatan, dan dari terminal bus/stasiun kereta Kota Madiun sekitar 4 km.


Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya KPKNL Madiun memiliki sarana dan prasarana berupa bangunan gedung utama seluas 1.000 m², bangunan gudang seluas 65 m², bangunan garasi seluas 75 m², pos jaga 6 m², dan halamanan dengan perkerasan seluas 854 m².

Untuk kegiatan operasional di luar kantor dan koordinasi dengan instansi terkait, KPKNL Madiun didukung dengan sarana kendaraan yang dimiliki, yaitu mobil sebanyak 4 unit dan sepeda motor sebanyak 4 unit.

Dalam pemberian layanan KPKNL Madiun selalu berpedoman pada Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan. Untuk memastikan layanan unggulan sudah sesuai dengan SOP, telah dilakukan monitoring dan evaluasi layanan ungggulan oleh Seksi Kepatuhan Internal.  Dari hasil monitoring tersebut, untuk tahun 2015 realisasi rata-rata persentase realisasi janji layanan unggulan sebesar 116,77%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kegiatan pelayanan yang diberikan KPKNL Madiun kepada stakeholders telah memenuhi norma waktu janji layanan unggulan dan tentunya sesuai dengan SOP.


KPKNL Madiun yang berlokasi di Kota Madiun, memiliki wilayah kerja yang meliputi 6 Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yaitu: Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Pacitan.

Berdasarkan data pada tabel Indikator Kinerja Utama di atas, capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) pada tahun 2015 adalah sebesar 116,12 % (nilai maksimal adalah 120%), dan kami tetap berusaha untuk capaian kinerja pada tahun 2016 ini dapat lebih baik lagi. Capaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sampai dengan bulan September 2016 adalah sebesar 111,15 % .

Masyarakat /Stakeholders dapat menyampaikan pengaduan atas pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Madiun. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 KPKNL melalui Unit Kepatuhan Internal menerima dan memproses pengaduan yang diterima dari masyarakat/stakeholders.

Masyarakat/stakeholder dapat menyampaikan keluhan atau pengaduan melalui Kotak Saran yang ada di ruang pelayanan, melalui surat resmi, atau dapat melalui email ke: ki.madiun@gmail.com.


Wilayah Kerja
Kota Madiun
Kabupaten Madiun
Kabupaten Ponorogo
Kabupaten Magetan
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Pacitan
Prestasi KPKNL Madiun
Terbaik I Inovasi Layanan Publik Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tahun 2015 Untuk Inovasi One Hour Service Dalam Layanan Penetapan Status Penggunaan BMN Berupa Tanah dan Bangunan
Peringkat Ketiga Kantor Pelayanan Percontohan di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2015
Peta Lokasi KPKNL Madiun
Alamat Kantor
Jl. Serayu Timur No. 141 Madiun - 63313
(0351) 468603
(0351) 468604
kpknlmadiun@kemenkeu.go.id